Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Review realme C31: Smartphone Sejutaan Serba Bisa Bikin Ramadan Maksimal

review realme C31 (foto inilah.com)- inilah.com
review realme C31 (foto inilah.com)

Pasar smartphone Indonesia masih memiliki kekuatan untuk terus meningkat di tengah tantangan pasokan yang ketat. International Data Corporation (IDC) memperkirakan volume pengapalan smartphone sepanjang 2022 akan naik 8% year on year (yoy) menjadi sekitar 44 juta unit.

IDC memproyeksi pasokan smartphone di Indonesia tahun ini akan meningkat secara bertahap. Para vendor mulai menimbun pasokan sebelum masa Ramadan.

Seperti realme yang terus melahirkan ponsel terbaru. Setelah belum lama hadir seri menengah realme Narzo 50 kini vendor yang menargetkan anak muda tersebut datang lagi untuk bertarung di kelas entry level, dengan seri realme “C” series yaitu realme C31.

Realme C31 diklaim sebagai ponsel Rp 1 Jutaan Paling Worth It untuk Ramadan yang merupakan penerus dari realme C21 tahun lalu. Dibandingkan dengan realme C21 dan realme C21Y, realme C31 menawarkan desain yang lebih baru dan lebih ramping (8,4mm), CPU yang ditingkatkan (SoC Unisoc Tiger T612) dan pemindai sidik jari samping untuk mengamankan ponsel.

Mempunyai slogan berslogan “Desain Keren, Seru Seharian”, tak hanya itu saja fitur kunci yang diunggulkan, namun juga daya tahan baterai, desain sertifikasi TUV Rheinland sampai setup 13MP AI Triple Camera yang ada di belakangnya. Menjadi yang termurah, apakah smartphone ini layak untuk dibeli? Berikut ulasan inilah.com setelah menjajal realme C31 selama beberapa hari.

Desain dan layar

Misi realme C31 untuk menjadi tandem spesial kamu selama ramadan, sudah terlihat dari segi desain. Jangan pernah meragukan keseriusan realme dalam mendesain smartphone andalannya, tak kecuali untuk ponsel kelas entry level seperti realme C31. Seperti ponsel realme lainnya, seri C31 nampak anggun saat kala dipandang.

Whatsapp Image 2022 04 02 At 9.10.24 Am - inilah.com

Realme C31 hadir dengan desain tekstur dinamis setipis 8,4mm dan berat 197 gram. Realme C31 menggunakan bodi plastik, namun terasa enak dan kokoh di tangan. Yang spesial dari desainnya adalah sudah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland, di mana berhasil melewati 23 poin pengujian. Mulai dari jatuh, tes abrasi, suhu ekstrim sampai kelembapan. Jadi meski hadir tanpa soft case bawaan, nggak perlu khawatir bodinya mudah penyok atau tergores, bakal tetap aman.

Baca juga
Spesifikasi realme GT Neo 2 Diungkap Sebelum Peluncuran di Indonesia

Salah satu hal yang paling Inilah.com rasakan ketika review realme C31 ini, yaitu saat kali pertama menggenggam realme C31 adalah bodinya yang begitu slim. rancang bangung realme C31, mengadopsi “Ultra Slim Dynamic Texture Design”, karena tak heran smartphone ini memiliki bodi yang ramping.

Whatsapp Image 2022 04 02 At 9.10.24 Am (1) - inilah.com

Dari data yang didapat, pihak vendor mengoptimalkan struktur internal realme C31, dimana mampu menipiskan seluruh bodi smartphone ini, hingga mencapai ketebalan 8.4mm dan berat 197g. Selain bodi yang slim, salah satu kunci utama tampilan trendy realme C31, terletak pada area belakang.

Pada area belakang, realme C31 menampilkan desain terbaru bertekstur dinamis. Susunan halus tekstur yang tertata dengan baik, seakan menggambarkan kecepatan kurva dan rasa ekstensi dinamis.

Kombinasi bodi slim plus tampilan area belangkang smartphone yang keren, menjadikan realme C31 sebagai salah satu smartphone tertipis dengan desain paling stylish di kelasnya saat ini. smartphone ini memiliki dua varian warna, yakni Dark Green dan Light Silver seperti yang diuji Inilah.com.

Whatsapp Image 2022 04 02 At 9.09.01 Am (1) - inilah.com
Tampilan depan realme C31

Bagian depannya tertanam layar yang cukup luar dengan garis tengah 6.52 inch. Rasio layarnya sendiri mencapai 88.7%, sehingga mampu memberi bidang padang yang luas. Hadir dengan resolusi layar HD+ (1600*720), membuat tampilan display saat diuji terbilang tajam. Nggak kalah dengan kompetitor di kelas yang sama. Dengan layar yang luas kamu bisa lakuin ibadah ngaji sendiri tadarus atau bareng secara online dengan teman pengajian dibantu aplikasi meeting online, ataupun bisa juga dengan mudah sambil membuka Whatsapp group call.

Whatsapp Image 2022 04 02 At 9.47.47 Am - inilah.com

Menurut Inilah.com tak ada hal yang mesti dikeluhkan dari sektor desain dan layar untuk kelasnya. Jadi jika kamu mendapuk realme C31 menjadi teman gaya, untuk melengkapi gaya serta aktivitas Bulan Ramadan, pilihan tersebut gak salah. Siap-siap saja jadi pusat perhatian, saat ada acara buka bersama saat Ramadan nanti.

Kamera

Meski terjangkau, terdapat setup tiga kamera di belakangnya. Selain sensor utama 13MP f/2.2, ada juga lensa makro yang bisa ambil foto objek jarak dekat (hingga 4cm) dan lensa retro hitam putih. Komposisinya sendiri, kamera utama realme C31 disokong lensa kreasi Sony berukuran 13MP dengan bukaan cukup lebar mencapai f/2.2. Kamera utama tersebut mendapat tandem lensa macro 2MP dan dilengkapi dengan optik BW. Tak ketinggalan terdapat kamera depan 5MP untuk merekam aktivitas swafoto dan sejenisnya.

Baca juga
Inilah 5 Fakta Menarik dari Inovasi realme GT 2 Series
Whatsapp Image 2022 04 02 At 9.09.01 Am - inilah.com
13 MP AI Triple camera

Fitur lainnya sih tergolong standar, mulai dari mode profesional dengan parameter ISO & shutter speed yang bisa diubah, Chroma Boost untuk tingkatkan saturasi, dan pembesaran digital sampai 5x. Sementara di depan, disematkan kamera 5MP yang mendukung HDR, AI Beauty plus mode potret.

Hasil fotonya sendiri cukup berkualitas dengan warna yang cenderung menyala—cocok buat kamu yang lebih suka foto pop, siap dibagikan ke media sosial tanpa perlu edit. Mode ultra macro bisa dimanfaatkan untuk foto objek kecil dan dekat, meski efektif di kondisi cahaya berlimpah saja.

Untuk foto menggunakan mode malam, umumnya diperlukan waktu 4 detik saat jepret foto. Sebagai alternatif, sensor sidik jari di belakang bisa dimanfaatkan sebagai tombol shutter dengan menyentuhnya. Untuk kualitasnya, bisa Kawan Inilah cek langsung di bawah.

Hasil jepretan kamera realme C31:

IMG-20220401-072649

IMG-20220401-071042-2

IMG-20220401-070816

IMG-20220401-101557

IMG-20220401-220258

IMG-20220401-221454

Performa

Gunakan chipset UNISOC T612 arsitektur CPU-nya sudah octa-core dengan clockspeed mencapai 1,82GHz. Selain kencang, juga tergolong hemat daya berkat fabrikasi 12nm yang diusungnya. Benchmark dari Antutu juga tidak main-main bisa mencapai skor 224.233

Namun karena harganya terjangkau, masih belum bisa buat main PUBG Mobile dengan grafis smooth – ultra, ya. Setidaknya pengaturan default medium masih cukup lancar, asal tidak sedang berkompetisi secara profesional. Dibantu juga dengan opsi RAM 4GB dan RAM 3 GB yang perlancar proses multitasking.

Whatsapp Image 2022 04 02 At 9.09.00 Am - inilah.com

Sementara penyimpanan internalnya tersedia sampai 64GB, yang masih bisa diekspansi lewat kartu microSD sampai 256GB. Mekanismenya triple-slot, ya, jadi bisa dengan dua kartu nano SIM sekaligus.

Untuk sekadar menjalankan aplikasi media sosial sampai edit video ringan, masih cukup mumpuni.

Baca juga
Foto: Produksi Tahu Meningkat saat Puasa Ramadan

Baterai

Punya baterai yang tergolong besar di kelasnya, baterai 5,000 mAh di realme C31 membuat smartphone kelas entri yang tangguh ini kuat buat digunakan secara intensif seharian penuh dari pagi sampai malam. Itu pun masih tersisa baterai sampai keesokan harinya.

Kalau pemakaiannya tidak terlalu intensif, tanpa banyak jepret foto atau menjadikannya sebagai mobile hotspot, tentu bakal sangat mudah untuk tahan dua hari penuh. Kalau butuh yang lebih irit, bisa mengaktifkan Super Power Saving Mode. Dijamin bakal tetap bisa mendengarkan streaming murotal online sampai hampir 5 jam dengan baterai tersisa 5% aja.

Whatsapp Image 2022 04 02 At 9.10.23 Am - inilah.com

Sementara untuk pengisian dayanya memang butuh agak sabar dikit. Pasalnya belum didukung dengan fast charging, sehingga mengisi daya lewat charger 10W membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Lewat port micro-USB pada bagian bawahnya, yang mendukung reverse charging.

Namun bila ditilik dari lamanya penggunaan smartphone ini, rasanya mengisi daya 3 jam masih wajar dan dapat dilakukan pada malam hari agar esok hari bisa tahan seharian lagi.

Spesifikasi

Whatsapp Image 2022 04 02 At 10.01.33 Am - inilah.com

Kesimpulan

Secara keseluruhan, realme C31 bisa membawa fitur-fitur esensial yang perlu ada di dalam sebuah smartphone kelas pemula, bahkan lebih. Tiga sensor kamera utama, layar besar, baterai super hemat, masih ditambah dengan desain yang cukup segar di mata. Ponsel ini dirasa sangat cukup dan serba bisa untuk menemani kamu melewati keseruan selama bulan suci Ramadan, hari raya dan seterusnya.

Dan untuk menambah itu semua, sertifikasi ketahanan dari TÜV Rheinland berikan rasa aman untuk penggunanya. Tak perlu khawatir bila selama pemakaian terjadi hal-hal tak terduga seperti jatuh, terkena air dan musibah keseharian lainnya. Sebuah diferensiasi menarik yang berhasil dihadirkan realme Indonesia.

Dan menjadi smartphone kelas entri, tentu tak bisa membawa semua fitur favorit secara menyeluruh. Bila tidak masalah dengan sistem pengisian dayanya, maka realme C31 layak dijadikan pilihan. Realme C31 hadir dengan dua varian memori 3GB/32GB seharga Rp 1.549.000 dan 4GB/64GB seharga Rp 1.749.000.

Tinggalkan Komentar