Selasa, 17 Mei 2022
16 Syawal 1443

Ribuan WNI di Belanda Ikuti Salat Idul Fitri

Wni Belanda
(dok. KBRI Den Haag)

Ribuan warga negara Indonesia (WNI) di Belanda mengikuti ibadah Salat Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Setelah seluruh pembatasan sosial terkait penanganan COVID-19 sejak Maret 2022, masyarakat Indonesia memenuhi sejumlah masjid Indonesia yang tersebar di beberapa kota di Belanda, seperti Den Haag, Amsterdam, Rotterdam, Delft, Waalwijk, dan Eindhoven.

“Alhamdulillah, setelah dua tahun ada pembatasan, tahun ini kita bisa menghadiri dan melaksanakan sholat Idul Fitri dengan normal. Semoga kondisi akan semakin membaik ke depannya sehingga pelaksanaan ibadah di tahun mendatang bisa semakin maksimal,” kata Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda Mayerfas, sebagaimana dikutip dari siaran pers KBRI.

Baca juga
Bareskrim Polri Segera Panggil Ferdinand Hutahaean

Dubes Mayerfas menghadiri Salat Id di Masjid Indonesia Al Hikmah di Den Haag bersama sekitar 900 warga Indonesia.

Ia menyatakan bersyukur atas normalisasi kehidupan di Belanda, yang dimulai sebelum bulan puasa, sehingga masyarakat Muslim di negara itu dapat melakukan ibadah Ramadan dengan baik.

Sebelumnya selama dua tahun, Salat Idul Fitri tidak bisa dihadiri oleh banyak anggota jamaah karena jumlah orang yang hadir dibatasi hanya 75 persen dari kapasitas ruangan.

Salat Idul Fitri di Masjid Al Hikmah Den Haag dipimpin oleh khatib Dr Syahril Siddik, peneliti di Universitas Leiden yang juga tenaga pengajar UIN Malang, Jawa Timur, serta pengurus PCINU Belanda.

Baca juga
PDIP Sebut LBP Tak Layak Bicara Tunda Pemilu 2024

Dalam khutbah bertajuk ‘Hari Raya dan Hari Kemenangan’, Siddik mengajak seluruh hadirin untuk memaknai kemenangan di hari Idul Fitri sebagai momentum untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah situasi COVID-19 yang masih mendera.

Tinggalkan Komentar