Jumat, 20 Mei 2022
19 Syawal 1443

Ridwan Kamil Perintahkan Semua RS di Jabar Siaga 1

Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan kepada jajarannya untuk mengantisipasi varian Omicron dan meminta semua rumah sakit di Jabar siaga 1.

Status siaga 1 untuk rumah sakit diberlakukan sekaligus menyikapi tingkat keterisian kamar atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien COVID-19 meningkat.

“Saya sudah perintahkan semua rumah sakit siaga 1. Bed ditingkatkan, oksigen disiapkan plus treatment-nya,” kata kang Emil, sapaan akrabnya.

Penerapan status siaga 1 tersebut dikhususkan di wilayah aglomerasi Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), dan Bandung Raya. Pasalnya, di wilayah itu terjadi lonjakan kasus cukup signifikan yang terindikasi varian Omicron.

COVID-19 varian Omicron diketahui memiliki daya tular yang cukup cepat. Di Indonesia varian ini tingkat fatalitasnya lebih rendah dari varian delta, apalagi jika menyerang orang yang sudah divaksin lengkap.

Baca juga
Kasus COVID-19 Hari Ini Mencapai 14.408 Orang, Jabar Penyumbang Terbanyak

“Omicron itu seperti kata Pak Menkes cepat menular, tapi juga cepat sembuh, tiga sampai empat hari biasanya sembuh,” ujarnya.

Untuk itu bagi masyarakat yang terkonfirmasi varian omicron, namun bergejala ringan, sebaiknya diisolasi di rumah masing-masing, dengan pengawasan dan obat-obatan yang cukup.

Sebab, katanya, perawatan di rumah sakit hanya bagi pasien yang bergejala berat, seperti demam, flu, batuk, saturasi rendah dan punya komorbid.

“Jadi kalau gejalanya ringan terus ingin dirawat di rumah sakit nanti menaikkan BOR,” jelasnya.

Mantan Wali Kota Bandung itu meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas. Pandemi COVID-19 hingga saat ini belum diketahui kapan akan berakhir.

Baca juga
PAN: Singapura Sangat Islamophobia

“Protokol kesehatan tidak boleh diabaikan supaya kita jangan kalah oleh pandemi yang datang silih berganti dan belum selesai,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar