Kamis, 06 Oktober 2022
10 Rabi'ul Awwal 1444

Ridwan Kamil Pulang ke Tanah Air Usai Tuntaskan Misi Berhaji untuk Eril

Senin, 18 Jul 2022 - 14:07 WIB
Ridwan Kamil Eril
Tangkapan layar dari Instagram @ataliapr

Perjalanan Ibadah Haji Ridwan Kamil telah usai. Dia mengungkapkan tengah bersiap untuk pulang ke Indonesia dari Arab Saudi. Ridwan Kamil menjelaskan hal tersebut lewat akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Rencananya, Senin, (18/7/2022) subuh waktu setempat, Ridwan Kamil akan terbang naik pesawat ke Indonesia. Dia pun berharap semoga perjalanan pulang ke Tanah Air berjalan dengan lancar dan selamat.

Sebuah video singkat Ridwan Kamil tampilkan saat menjalankan ibadah Haji. Terlihat dalam setiap perjalanannya, Ridwan Kamil membawa selembar foto yang menampilkan wajah buah hatinya, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang biasa disapa Eril. Seperti yang diketahui, Eril telah meninggal dunia pada 26 Mei 2022 karena tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Video singkat rangkuman perjalanan di Arab Saudi yang ditampilkan Ridwan Kamil itu seolah menceritakan seluruh kegiatan yang dia lakukan.

Baca juga
Paguyuban Pasundan Sarankan Ridwan Kamil Terima Tawaran Jokowi

“Tugas selesai, saatnya pulang ke tanah air. Hari Ahad atau Hari Minggu ini hari terakhir saya beribadah di tanah suci, besok Senin subuh sudah kembali pulang terbang ke tanah air tercinta. Semoga selamat sampai rumah,” tulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil diketahui mendapat tugas menjadi Amirul Hajj Jawa Barat. Memastikan para jemaah haji bisa berkegiatan dengan lancar dan melakukan beberapa koordinasi di sana.

“Tugas menjadi Amirul Hajj Jawa Barat sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Berbagai koordinasi dan aksi melancarkan kegiatan jamaah haji sudah dilakukan dan terus dikerjakan dengan koordinasi dengan tim pendamping haji daerah,” tambahnya.

Baca juga
Sampaikan Duka Cita Wafatnya Eril, Ribuan Orang Datangi Gedung Pakuan Bandung

Kepulangannya dari Tanah Suci juga ditandai dengan perjalanan misinya yang telah usai. Salah satu hal yang terpenting adalah Ridwan Kamil sudah melakukan badal haji atas nama Eril.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

“Tugas kedua melakukan badal haji atas nama Eril selesai sudah. Haji Emmeril Kahn Mumtadz, sudah menyempurnakan rukun Islam ke-5 nya melalui fisik dan jiwa saya ayahnya,” ujarnya.

Tidak ketinggalan, Ridwan Kamil juga mewujudkan keinginan Eril untuk berkurban di Palestina.

“Setiap rukun dan ibadah saya kerjakan, seolah-olah almarhum yang melakukannya sendiri. Termasuk wasiatnya ingin berkurban di Palestina juga sudah ditunaikan,” ungkapnya.

Baca juga
Ridwan Kamil Pastikan Jabar Masih Aman dari Omicron

Di akhir kalimat, dia juga mendoakan para jemaah haji Indonesia semoga menjadi Haji Mabrur.

“Selamat untuk semua jamaah haji Indonesia yang beruntung Allah panggil dan mudahkan urusannya dengan berhaji tahun 2022 ini.Semoga semua menjadi Haji Mabrur dan Hajjah mabrurah. Aamiin,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar