Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Ritual Unik Pebasket Timnas Indonesia Sebelum Tanding

Rabu, 06 Jul 2022 - 19:33 WIB
yudha
Yudha Saputera

Ada beragam cara yang dilakukan para pebasket profesional guna menghilangkan gugup atau sekadar memberi motivasi lebih sebelum bertanding. Layaknya LeBron James hingga Stephen Curry, pebasket Timnas Indonesia juga punya ritual unik menjelang pertandingan.

Hal itu diakui oleh salah seorang penggawa Timnas Indonesia, Yudha Saputera. Berbeda dengan Stephen Curry yang identik dengan three point shoot dari luar lapangan sebelum bertanding, Yudha memilih menenangkan pikiran sembari mendengarkan sebuah lantunan musik.

“Soal ritual unik ya kalau saya biasanya sih dengerin lagu, terus ngaca di kamar ganti pemain biar tambah percaya diri gitu ya,” kata Yudha kepada Inilah.com, Rabu (6/7/2022).

Baca juga
FIBA Asia Cup Beri Pengalaman Berharga, Bolden: Semua Sudah Maksimal

Tidak hanya itu, demi meningkatkan rasa percaya dirinya, Yudha juga disarankan oleh seseorang yang tak ingin ia sebutkan namanya untuk melakukan kebiasaan lain.

Yudha diminta berdiam diri selama lebih kurang lima menit di sebuah kamar mandi, agar fokus dan konsentrasi sang pemain bisa lebih meningkat sebelum berjibaku di tengah gelanggang.

“Kalau sekarang sih ada yang nyaranin, ke toilet terus diem selama lima menit biar fokus gitu,” ujar Yudha.

Dirinya berniat melakukan hal tersebut dalam pertandingan terdekat. “Ingin nyobain itu sih berdiam di toilet,” tambahnya.

Dari informasi yang terhimpun, Yudha bersama skuad Timnas Indonesia baru akan memulai kiprah di ajang FIBA Asia Cup 2022 pada 12 Juli mendatang.

Baca juga
Sponsori FIBA World Cup 2023, Bank Mandiri Hadirkan Jago Basket Internasional

Sebagai tuan rumah dalam turnamen yang berlangsung di Istora Senayan, Merah Putih berada di Grup A babak penyisihan FIBA Asia Cup 2022 bersama Australia, Arab Saudi dan Yordania.

Di partai pembuka, tim besutan Rajko Toroman bakal dihadang Arab Saudi pada Selasa, 12 Juni 2022. Ini jadi pertemuan kedua meraka selanh sebelumnya sempat berduel di Window III Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023. Hasilnya, Timnas bertekuk lutut lewat skor 67-69 atas tim asal Timur Tengah.

Menatap turnamen Asia itu, Indonesia memiliki misi khusus. Adalah ingin mengamankan tiket untuk menembus FIBA World Cup 2023, usai gagal diamankan pada babak kualifikasi.

Baca juga
NBA Kenalkan The Kobe Bryant Trophy untuk MPV All-Star 2022

Setidaknya, Timnas Indonesia harus menembus fase perempat final FIBA Asia Cup 2022 guna menata asa lolos ke putaran final Piala Dunia FIBA 2023 mendatang.

Tinggalkan Komentar