Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Rumus Pemimpin Sukses ala Mahathir, Fokus Pembangunan Nasional

Jumat, 17 Jun 2022 - 18:41 WIB
Screenshot 20220617 151555 - inilah.com
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, memberikan Kuliah Umum di Rapat Kerja Nasional Partai NasDem, di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Foto: Antara

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad atau akrab disapa Mr M, memberi kuliah umum pada Rakernas Partai NasDem yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Mahathir membagikan rumusan sukses bagi pemimpin politik.

Mahathir yang kini berusia 96 tahun menyebutkan, pemimpin yang baik tidak melulu memikirkan politik, tetapi fokus pada pembangunan nasional. Pesan ini disampaikan Mahathir untuk siapa saja yang nantinya menang Pemilu 2024.

“Fokus kepada pembangunan nasional dan tidak terganggu dengan isu-isu politik dan yang lain,” ujar Mahathir, menyampaikan kuliah umum dalam acara Rakernas Partai Nasdem, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (17/6/2022).

Baca juga
AHY Tiga Kali Temui Paloh, Hubungan Demokrat-NasDem Disebut Romantis

Mahathir menegaskan pula pemimpin nasional harus memiliki keberanian membuat keputusan demi kebaikan masyarakat, sekalipun tindakan yang dilakukan pahit. Sekarang ini, banyak pemimpin yang tidak memiliki keberanian dan mencari jalan mudah untuk menghindari risiko namun membebankan rakyat.

“Ketika itu, rakyat lah yang akan membayar harga yang amat mahal,” kata dia.

Menurutnya, pemimpin yang mendapat kepercayaan rakyat harus menjalankan tugasnya dengan amanah. Pemimpin perlu mencari ilmu dan menambah pengetahuan untuk membuat perancangan yang teratur dalam pembangunan negara.

“Perancangan-perancangan ini perlu pendekatan jangka panjang dan jangka pendek,” kata dia.

Pemimpin nasional harus memahami pemikiran rakyatnya. Memiliki empati pada nasib rakyat dan mau memperjuangkan masa depan mereka. “Keputusan serta dasar yang diperkenalkan harus merangkum mayoritas masyarakat, tanpa mendahulukan kepentingan satu kelompok,” kata dia.

Baca juga
Beda Sikap dengan PKS, Surya Paloh Berharap Dukungan Oligarki

Dalam kesempatan tersebut, Mahathir turut memuji kepemimpinan Presiden Jokowi yang menurutnya sudah berada dalam jalur yang benar. Keberhasilan Jokowi, dianggap tidak lepas dari peran Ketum NasDem Surya Paloh yang turut mendukung pemerintahan.

“Pastinya, Partai Nasdem dan kepemimpinannya Bapak Surya Paloh turut berperan membantu memastikan kepemimpinan nasional Indonesia terus berbakti kepada rakyatnya supaya kemajuan yang lebih baik,” ujarnya.

Malaysia, lanjut Mahathir, turut berbangga apabila Indonesia mencapai kejayaan dan rakyatnya sejahtera. “Ini karena kejayaan-kejayaan ini akan turut dirasa dan dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.

Tinggalkan Komentar