Sabtu, 26 November 2022
02 Jumadil Awwal 1444

Saat Anies Jadi Sopir Mikrotrans Rawamangun-Duren Sawit

Senin, 26 Sep 2022 - 07:25 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Saat Anies Jadi Sopir Mikrotrans Rute Rawamangun-Duren Sawit
Anies Baswedan Jadi Sopir Jaklingko Mikrotrans (ist)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tampak santai saat menjadi sopir mikrotrans, Minggu (25/9/2022). Disampingnya, ada sopir Mikrotrans Pak Sihombing turut menemani.

Momen Anies jadi sopir Mikrotans Rawamangun-Duren Sawit itu, dibagikannya dalam akun Instagram pribadinya.

Dengan dipasang kamera di sejumlah titik mobil, Anies menjajal sendiri Mikrotrans yang sudah dilengkapi AC dan TV besar di dalamnya.

“Layanan transportasi umum yang andal merupakan salah satu cara untuk mencapai keadilan sosial dan kota yang lestari. Layanan Mikrotrans (yang biasa disebut angkot Jaklingko) sudah hadir sejak 2018 untuk menjangkau warga Jakarta,” tulis Anies dalam keterangan video unggahannya.

Di perjalanan, Anies menyempatkan ngobrol dengan ibu-ibu penumpang angkot yang hendak pergi ke Pasar Klender. Kepada Anies, si ibu merasakan betul kemewahan angkot yang ia tumpangi untuk sekedar ke pasar membeli sayur. Fasilitas AC dan TV, serta pembayaran dengan tap kartu, membuat perjalanan naik angkot yang biasanya gerak dan sumpet, tak lagi terasa.

Baca juga
Anies Lantik Keponakan Prabowo jadi Ketua Pordasi DKI

“Kita merasakan bahwa kebijakan ini sudah sesuai untuk tipologi kota Jakarta, di mana banyak jalan sempit dan permukiman padat. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah seperti sinyal mesin tap kartu sempat blank, yang tentunya menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan,” ungkapnya.

Dengan terintegrasinya layanan angkot ke dalam Mikrotrans, Anies menyebut persentase warga Jakarta yang tinggal dalam radius 500 meter dari titik perhentian angkutan umum meningkat dua kali lipat dari 42% pada tahun 2017, menjadi 83% pada 2021. Persentase ini ditargetkan terus bertambah hingga mencapai 95% di 2022.

“Untuk mikrotrans AC sendiri saat ini melayani rute Jak 10A Gondangdia-Cikini dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar