Senin, 26 September 2022
30 Safar 1444

Saat Gubernur Anies Jadi “Tour Guide” 12 Delegasi U20 di Objek Wisata Kota Tua

Rabu, 31 Agu 2022 - 02:11 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan beberapa bagian bangunan bersejarah kepada rombongan delegasi U20 saat berkunjung ke objek wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (30/8/2022). (Foto: Antara)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan beberapa bagian bangunan bersejarah kepada rombongan delegasi U20 saat berkunjung ke objek wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (30/8/2022). (Foto: Antara)

Meski malam kian larut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap terlihat bersemangat saat menjadi “tour guide” delegasi forum U20 Mayors Summit. Anies memandu delegasi berjumlah 12 orang itu dari depan Stasiun Kota, mulai dari Museum Fatahillah hingga makan malam di Museum Keramik yang berada di kawasan wisata Kota Tua pasca revitalisasi.

Anies yang mengenakan kemeja batik bercorak gelap beserta rombongan delegasi terlihat hadir sekitar pukul 20.10 WIB serta mulai berjalan kaki dari depan Stasiun Kota.

Di sana, Anies menjelaskan beberapa bagian Kota Tua yang sudah direvitalisasi. Terlihat Anies menjelaskan tentang koridor di depan Stasiun Kota yang sebelumnya jalan raya kini berubah menjadi tempat pejalan kaki.

Dari depan Stasiun Kota, Anies berjalan menelusuri trotoar tepat di samping museum Fatahillah. Sambil berjalan, Anies masih menjelaskan beberapa hal tentang bangunan bersejarah di kawasan wisata Kota Tua.

Baca juga
Airlangga: Golkar Bertekad Kuningkan Pulau Sumatera di Pemilu 2024

Sesekali Anies juga menunjukkan beberapa pertunjukan patung yang diperagakan orang di kawasan Kota Tua. Selain itu, Anies juga menunjukkan beberapa tarian daerah yang disajikan di halaman Kota Tua.

Para delegasi pun terhibur kala Anies menunjukkan beberapa pertunjukan tersebut. Sambil menjelaskan beberapa hal terkait Kota Tua, Anies sesekali menyapa warga sambil melayani setiap permintaan berswafoto.

Setelah beberapa menit berjalan, Anies membawa para delegasi ke depan Museum Fatahillah untuk menunjukkan tarian tradisional Betawi yang dipersembahkan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Selesai menonton pertunjukan, Anies dan para delegasi langsung menuju Museum Keramik untuk santap malam bersama.

Baca juga
Kasus Omicron Bertambah, Total 254 Terbanyak dari Perjalanan Luar Negeri

Revitalisasi kawasan Kota Tua sendiri di Jakarta Barat telah rampung. Saat ini, masyarakat bisa menikmati area pejalan kaki yang lebih luas dan transportasi publik lebih terintegrasi.

Selain itu, revitalisasi ini juga ditargetkan bikin Kota Tua menjadi kawasan rendah emisi atau low emision zone (LEZ), sehingga kualitas udara di sekitarnya lebih baik.

Tinggalkan Komentar