Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Saat Uji Kelayakan Panglima TNI, DPR Soroti Masalah Hadapi Ekonomi Global

Rabu, 30 Nov 2022 - 12:07 WIB
Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat mengomentari soal nomor urut parpol peseta Pemilu 2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (14/12/2022). (Foto: Inilah.com/ Diana R)

Dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, DPR RI akan menyoroti soal peran aktif TNI dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

“Panglima TNI harus menjelaskan secara sistematis, bagaimana peran serta atau peran aktif TNI dalam menghadapi, mengantisipasi tantangan atas dampak ekonomi global ke depan yang kita tidak akan bisa hindari,” ujar Dasco.

Politikus Partai Gerindra itu menyebutkan dampak situasi ekonomi global yang sulit ke depannya akan dirasakan semua negara di seluruh dunia. Untuk itu, kata dia, Panglima TNI baru yang akan dilantik harus mampu mengantisipasi dampak atas kondisi tersebut.

Baca juga
Fahri Hamzah Vs Fadli Zon, Pecah Kongsi Soal Prajurit TNI Datangi Habib Bahar?

“Oleh karena itu, tantangan ke depan adalah bagaimana panglima TNI bisa memberikan kontribusi TNI terutama dalam turut serta mengantisipasi hal tersebut,” terangnya.

Di sisi lain, Dasco mengaku menghormati nama Laksamana Yudo Margono yang disodorkan dalam Surat Presiden (Surpres) sebagai calon tunggal panglima TNI karena sepenuhnya menjadi hak prerogatif dari Presiden.

“Tiga kepala staf itu sama-sama memenuhi kriteria dan menurut kita masing-masing adalah yang terbaik di institusinya masing-masing, namun terpulang kepada presiden selaku panglima tertinggi yang mempunyai hak prerogatif,” tuturnya.

Sehingga, menurut Dasco, apabila terdapat pandangan berbeda atas kriteria dari nama yang disodorkan tersebut akan dilakukan penajaman saat “fit and proper test”.

Tinggalkan Komentar