Jumat, 02 Desember 2022
08 Jumadil Awwal 1444

Sabet IDEAS 2022, MIND ID Akan Terus Menjalankan Bisnis Secara Transparan

Minggu, 07 Agu 2022 - 10:26 WIB
Sabet IDEAS 2022, MIND ID Akan Terus Menjalankan Bisnis Secara Transparan
Ilustrasi Karyawan MIND ID/Foto:ist

Holding BUMN Pertambangan, MIND ID atau Mining Indiustry Indonesia terus berkomitmen menjalankan seluruh bisnis dan operasionalnya sesuai dengan praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik.

Dengan komitmen tersebut, MIND ID menyabet penghargaan DEI & ESG Awards (IDEAS) 2022, yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia pada Jumat (5/8).

IDEAS sendiri merupakan event penghargaan nasional bagi praktisi Humas/Public Relations (PR), Pariwisata, Budaya, dan UMKM lembaga pemerintah maupun korporasi dalam mengomunikasikan kinerja-kinerja kelembagaan di bidang Diversity, Equality & Inclusivity (DEI) dan Environmental, Social & Governance (ESG).

Dalam penyelenggaraannya yang pertama kali ini, MIND ID mendapatkan penghargaan pada sub-kategori Governance, di bidang ESG, melalui program OpenMind. Tema yang diangkat pada kompetisi IDEAS tahun ini ialah Keberagaman dalam Kesatuan Budaya Indonesia.

Harapannya setiap pelaku usaha bisa menjalankan bisnisnya dengan mengedepankan semangat kebersamaan dan kesatuan dalam keberagaman untuk Indonesia. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) setidaknya No. 5 dan 8, yakni gender equality dan economic growth.

Baca juga
DPR Minta Taspen Terus Tingkatkan Kinerja Agar Bisa Terus Tumbuh

OpenMind sendiri merupakan sebuah program Whistle Blowing System (WBS) yang sudah dirancang secara apik sejak tahun 2020. Hal ini untuk memperkuat praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik dan memperkokoh komitmen MIND ID setelah diperolehnya sertifikasi SNI ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

SNI ISO 37001:2016 dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan program anti-suap untuk memerangi penyuapan dan dampaknya.

Dengan Sertifikasi ini, seluruh pegawai komitmen mematuhi kebijakan anti-penyuapan dan korupsi dengan mengikuti prinsip-prinsip seperti Proporsional, Komitmen dari Manajemen Puncak, Penilaian Risiko, Uji Kelayakan, Komunikasi, Pengawasan dan Review.

Baca juga
MIND ID Kembangkan Aplikasi MASTERMINE untuk Kelola Limbah Tambang

Kepala Divisi Institusional Relations, Niko Chandra mengatakan penerapan SMAP merupakan bentuk konsistensi MIND ID untuk mengedepankan tata kelola yang baik.

“Kami berkomitmen tinggi untuk menjalankan bisnis dengan transparan dan adil, serta menjalankan prinsip zero tolerance terhadap tindakan penyuapan dan korupsi baik oleh direksi, komisaris, karyawan, kontraktor, agen, maupun pihak-pihak terkait lainnya,” ujar Niko dalam keterangan persnya, Sabtu (6/6/2022).

Lebih lanjut, MIND ID akan terus berkomitmen untuk selalu menjalankan aspek operasional dengan tata kelola yang baik. Sehingga kepercayaan masyarakat kepada perusahaan terus meningkat.

“Harapannya penghargaan yang diberikan kepada MIND ID ini sebagai pemicu semangat, dan menjadikan motivasi bagi seluruh karyawan untuk terus menjalankan segala aspek operasional sesuai dengan Tata Kelola Perusahaan yang baik demi keberlangsungan bisnis serta meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan,” tambah Niko.

Baca juga
Pelayanan Turun, BBTN Tutup 26 Kantor Cabang 8 Juli 2022

OpenMind sendiri dikelola secara professional oleh pihak independent. Saat ini MIND ID bekerja sama dengan KPMG sebagai pengelola program WBS. Sistem pelaporan juga sudah memanfaatkan beberapa akses media yang mudah dijangkau.

Selain menjamin kerahasiaan data pelapor, keterbukaan informasi, serta bukti tindak lanjut laporan juga secara rutin disampaikan melalui website resmi Perusahaan.

Tinggalkan Komentar