Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Sabet Penghargaan di Berbagai Kategori, Ini Prestasi Bea Cukai

Selasa, 21 Jun 2022 - 19:05 WIB
bea cukai
Bea Cukai mendapat peghargaan Anggakara Birawa dari Kemenpan RB

Terus berupaya meningkatkan kualitas kinarja di sektor pengawasan, pelayanan, dan sektor lainnya, Bea Cukai kembali meraih penghargaan. Kali ini penghargaan diterima Bea Cukai masing-masing di Jakarta, Tasikmalaya, dan Bengkalis.

Terbaik dalam pengelolaan pengaduan, Bea Cukai berhasil mendapatkan peghargaan Anggakara Birawa dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB). Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Kepatuhan Internal Bea Cukai, Agus Hermawan di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4 diselenggarakan oleh Kemenpan RB bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI serta didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).

Baca juga
Bea Cukai Gagalkan Empat Pengiriman Rokok Ilegal via Jasa Ekspedisi

Terdapat 573 peserta yang mendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia dengan 434 peserta yang kemudian dinyatakan layak verifikasi. “Kami meraih Piala Anggakara Birawa bersama empat instansi lain, yaitu Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tangerang, RSUD Bendan Pemerintah Kota Pekalongan, Perumda Tugu Tirta Pemerintah Kota Malang, dan Puskesmas Janti Pemerintah Kota Malang,” terang Hatta Wardhana, Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Sebelumnya, Bea Cukai Tasikmalaya mendapat penghargaan sebagai Peringkat Pertama Kinerja Terbaik Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2021 satker lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat kategori pengelola pagu kurang dari 1 miliar sampai dengan kurang dari 5 miliar periode semester II tahun 2021 (31/5/2022).

Baca juga
Dorong Potensi Ekspor Daerah, Bea Cukai Tingkatkan Sinergi

Hatta menjelaskan bahwa Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga.

Kemudian (06/06), Bea Cukai Bengkalis turut hadir dalam kegiatan Apresiasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Triwulan I TA 2022 dan Seroja Award yang bertempat di Dumai. Acara ini diselenggarakan oleh KPPN Dumai dan KPKNL Dumai.

Penghargaan yang diraih oleh Bea Cukai Bengkalis diantaranya adalah, terbaik II satuan kerja dengan nilai kinerja pelaksanaan anggaran dan implementasi kartu kredit pemerintah dan marketplace periode triwulan I TA 2022, peringkat ketiga frekuensi pengajuan permohonan penilaian terbanyak tahun 2021, peringkat ketiga jumlah objek penilaian terbanyak yang diajukan untuk dinilai tahun 2021, dan terakhir peringkat ketiga pengelolaan Barang Milik Negara terbaik tahun 2021.

Baca juga
Bea Cukai Dorong Penguatan Fondasi Ekonomi Nasional Lewat UMKM

“Dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi Bea Cukai untuk dapat terus menjaga akuntabilitas kinerja pelaksanaan anggaran serta meningkatkan sinergi ke berbagai pihak,” pungkas Hatta.

Tinggalkan Komentar