Jumat, 19 Agustus 2022
21 Muharram 1444

Sadio Mane Nyekor, Munchen Atasi Leipzig untuk Klaim Piala Super Jerman

Minggu, 31 Jul 2022 - 09:37 WIB
Sadio Mane Nyekor, Munchen Atasi Leipzig untuk Klaim Piala Super Jerman
Bayern Munchen Atasi Leipzig untuk Klaim Piala Super Jerman

Sadio Mane menandai debut resminya bersama Bayern Munchen dengan sebuah gol untuk membantu timnya itu memenangi Piala Super Jerman usai mengalahkan RB Leipzig 5-3 di Stadion Red Bull Arena, Minggu (31/7/2022) dini hari.

Mane masuk daftar lima pencetak gol Munchen lainnya dari Jamal Musiala, Benjamin Pavard, Serge Gnabry, dan Leroy Sane.

Leipzig sempat menunjukkan perlawanan setelah mencetak gol-gol balasan melalui Marcel Halstenberg, penalti Christopher Nkunku, dan sepakan Dani Olmo. Namun tak sampai mengejar lima gol Munchen.

Kemenangan ini menegaskan hegemoni Munchen di Piala Super Jerman dalam tiga tahun terakhir, dan jadi klub yang terbanyak mengoleksi gelar pembuka musim kompetisi ini dengan total 11 gelar.

Munchen membuka keunggulan melalui gol Musiala pada menit ke-14, ketika talenta berusia 19 tahun itu memanfaatkan kemelut di depan gawang Leipzig dalam situasi sepak pojok.

Baca juga
Berat, Barca Harus Menang vs Munchen untuk Lolos

Mane lantas menggandakan keunggulan Bayern pada menit ke-31. Berawal dari umpan terobosan gemilang Musiala yang diteruskan Serge Gnabry ke muka gawang, Mane tinggal melakukan penyelesaian mudah untuk mencetak gol resmi perdananya bersama The Bavarian.

Bayern memantapkan keunggulan mereka 3-0 saat turun minum, berkat gol ketiga yang dicetak Benjamin Pavard tepat pada pengujung waktu normal babak pertama.

Enam menit memasuki babak kedua, Munchen nyaris memperoleh gol keempat ketika Gnabry melakukan aksi individual dari tengah lapangan, tapi sayang tembakan penyelesaiannya masih menyamping tipis di sisi gawang.

Leipzig memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-59 ketika Halstenberg menanduk sepak pojok yang membuat kiper Manuel Neuer gagal bereaksi.

Namun, enam menit kemudian Munchen kembali menjauh ketika Gnabry menyambar bola muntah hasil tembakan Thomas Mueller yang tak diantisipasi sempurna kiper Peter Gulacsi.

Baca juga
Benfica dan Bayern Muenchen Tendang Barcelona ke Liga Europa

Tuan rumah memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-76 setelah Pavard melanggar Olmo di dalam area terlarang dan Nkunku yang menjadi algojo sukses mengecoh Neuer untuk membuat kedudukan jadi 2-4.

Pada menit ke-85, Mane kembali berhasil menyarangkan bola ke gawang Leipzig, sayang kali ini golnya dianulir sebab penyerang asal Senegal itu sudah lebih dulu terjebak offside.

Semenit jelang bubaran waktu normal Olmo seperti memantik kebangkitan Leipzig ketika mencetak gol untuk mengubah kedudukan menjadi 3-4.

Sayangnya, yang terjadi kemudian adalah Sane menyelesaikan sebuah situasi serangan balik dengan mencetak gol yang praktis mengunci kemenangan 5-3 bagi Munchen.

Manajer Bayern Munchen Julian Nagelsmann mengaku senang menjuarai Piala Super Jerman tetapi dia menyoroti performa timnya pada babak kedua yang kurang memuaskan.

Baca juga
Gol Tunggal Mane Bawa Liverpool Menang Atas West Ham

“Kami sangat baik dalam babak pertama. Leipzig bertahan begitu dalam dan kami punya banyak waktu membangun serangan, sementara mereka hanya melepaskan satu tembakan,” kata Nagelsmann selepas pertandingan seperti dikutip Reuters, Minggu (31/7/2022).

Selanjutnya, tim besutan Nagelsmann akan memulai perjuangan mempertahankan gelar juara Liga Jerman dengan membuka musim di markas Eintracht Frankfurt pada Jumat (5/8/2022).

Tinggalkan Komentar