Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Safari Sukses Tembus 1 Miliar Pengguna, Akses Terbanyak dari iPhone

Kamis, 02 Jun 2022 - 12:31 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Safari iphone- inilah.com
Istockphoto

Menurut survei oleh Atlas VPN, Browser atau peramban Apple Safari sekarang memiliki lebih dari satu miliar pengguna di desktop dan seluler. Ini menjadikannya browser web kedua terbanyak yang digunakan di seluruh dunia.

“Menurut temuan tim VPN Atlas, 1.006.232.879 pengguna Internet (19,16 persen dari semua pengguna Internet) sekarang menggunakan browser Safari, menjadikannya browser kedua dengan lebih dari satu miliar pengguna,” seorang peneliti keamanan Atlas.

“Meskipun demikian, Google Chrome tetap berada di urutan teratas sebagai browser paling populer.” tulis informasi tersebut.

Safari One Billion - inilah.com
Safari

Ini berarti Chrome memiliki lebih dari 64 persen dari total pasar browser. Setelah Safari posisi diisi oleh Microsoft Edge, Firefox, dan Samsung Internet.

Microsoft Edge menempati posisi ketiga dengan lebih dari 212 juta pengguna dan empat persen. Sementara Firefox berada di urutan keempat dengan lebih dari 179 juta pengguna dan sekitar tiga persen. Terakhir adalah Samsung Internet dengan hampir 150 juta pengguna atau 2,85 persen.

Baca juga
Krisis Pasokan Chip, Apple Bakal Pangkas Produksi iPhone 13

Keamanan dan ketersediaan

Dikutip Tech Radar, Rabu (1/6/2022), Atlas VPN mengaitkan popularitas sebagian besar browser teratas dengan ketersediaan dan fitur keamanannya yang luas. Namun, Chrome sedikit berbeda.

Atlas VPN mengklaim desain drive aplikasi Chrome menarik banyak orang. Google memiliki banyak aplikasi yang banyak digunakan seperti YouTube, Maps, dan Drive yang sering digunakan banyak orang. Aplikasi tersebut mengarahkan orang untuk mencoba layanan Google lainnya dan akhirnya mengunduh Chrome.

Sementara itu, keberhasilan Safari terkait dengan aplikasi yang langsung tersedia di semua iPhone dan Mac. Menurut penelitian fitur keamanan browser membuat kesuksesan pada Safari. Yakni, fitur Intelligent Track Prevention yang mencegah pelaku jahat melacak orang di seluruh situs web.

Baca juga
Game Lokapala Sambangi Pengguna iPhone

Microsoft Edge dan Samsung Internet mirip dengan Safari tanpa fitur keamanan. Edge adalah default di semua perangkat Microsoft dan peramban milik Samsung ada di semua perangkat selulernya sehingga aplikasi ini mendapat adopsi yang tinggi.

Sedangkan popularitas Firefox terkait dengan fitur keamanannya. Peramban memiliki banyak ekstensi yang melindungi orang dari berbagai bentuk malware. Ini juga memiliki protokol jaringan Secure Shell yang memastikan komunikasi yang aman antar perangkat.

Dari 6 Juni hingga 10 Juni, Apple akan mengadakan konferensi pengembang WWDC 2022. Orang-orang mengharapkan untuk melihat iterasi berikutnya dari iOS, macOS, dan microchip baru Apple. Akan menarik untuk melihat perubahan keamanan apa yang akan dibawa Apple ke perangkat lunaknya dan bagaimana pengaruhnya terhadap Safari.

Tinggalkan Komentar