Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Sambangi Desa Wisata Bondowoso, Menteri Sandi Nikmati Kopi di Kaki Gunung Raung

Rabu, 10 Agu 2022 - 20:08 WIB
Sambangi Bondowoso, Sandi Nikmati Kopi di Kaki Gunung Raung
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno kunjungi desa wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Tak hanya punya panorama memukau, Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terkenal lantaran punya komoditas andalan. Kopi Arabika yang tembus pasar Belanda.

Saat berkunjung ke desa wisata yang masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, sempat mencicipi kopi khas Bondowoso yang kini sudah mendunia. Pada forum Coffee Cupping International (CCI) Belanda tertarik untuk mengimpor kopi Arabika sebagai bahan baku produksi.

Kegiatan ekspor tersebut ternyata difasilitasi Astra, mitra strategis yang ditunjuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf).

”Dari total 3.500 yang mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberingin, Kabupaten Bondowoso, tembus 50 desa wisata terbaik. Kami dari Kemenparekraf megucapkan selamat dan juga terima kasih kepada Astra sebagai mitra kami,” paparnya, dikutip Selasa (9/8/2022).

Baca juga
5 Rekomendasi Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Usai Nonton MotoGP di Mandalika

Asal tahu saja, Jawa Timur menjadi provinsi yang memiliki desa wisata terbaik paling banyak. Dan, Desa Wisata Tirta Agung merupakan desa wisata terbaik ke-4. Artinya Jawa Timur menyumbang 10 persen desa wisata terbaik di Indonesia.

“Kita harapkan ini akan membangkitkan ekonomi. Banyak sekali manfaat desa wisata ini untuk kesejahteraan warga, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja. Dalam rangka menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini, dan 4,4 juta tahun 2024,” kata Menteri Sandi.

Sementara, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat sebagai tuan rumah, mengapresiasi kehadiran Menteri Sandi. Diharapkan, pemerintah mendukung penataan taman tematik di destinasi wisata Kawah Wurung yang kondang dengan julukan Bukit Teletubbies. ”Akan kita buat wahana-wahana permainan anak-anak di sana. Kita minta dukungan dari pak menteri,” ungkap Irwan yang juga kader PDI Perjuangan itu.

Baca juga
Investasi Pariwisata Tembus Rp14,9 Triliun, Menteri Sandi Bangga

Selanjutnya, Menteri Sandi mengatakan, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia ditargetkan sebanyak 1,8 juta-3,6 juta pengunjung. ”Target wisatawan nusantara 550 juta pergerakannya. Dan semakin banyak bergerak menuju destinasi berkualitas dan berkelanjutan seperti desa wisata ini,” ungkap Menteri Sandi.

Bicara soal daya tarik Desa Wisata Tirta Agung yang dikelola BUMDes, boleh dibilang sangat menarik. Sejumlah paket wisata ditawarkan. Memanfaatkan waduk, persawahan, dan mata air sebagai obyek wisata.

Ada gazebo apung, kolam renang alami, kafe Kala Senja, flying fox, dan banyak lagi wahanan wisata. Termasuk wisata kemping, kuliner, dan penginapan berstandar internasional.

Tak kalah menariknya, Gunung Raung terlihat begitu dekat dengan desa wisata ini. Di mana, Gunung Raung merupakan salah satu gunung api berbentuk kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Gunung ini letaknya merupakan perbatasan tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

Baca juga
Sandiaga: Wisatawan Nusantara Andalan Pemulihan Pariwisata Nasional

Bagi yang hobi naik gunung, tak ada salah menjajal wisata Gunung Raung. Ada pula, hutan pelangi di Kecamatan Sumberwringin. Tepatnya di lereng Gunung Raung. Di hutan ini dipenuhi Pohon Eucalyptus yang dikenal dengan nama Pohon Pelangi. Wisatawan juga bisa mengunjungi kawasan situs biologi yang menjadi salah satu warisan Bui Ijen Geopark

Tinggalkan Komentar