Sambangi Gedung KPK, Sekarga Desak Dugaan Korupsi Pengadaan Pesawat Dibongkar

Sambangi Gedung KPK, Sekarga Desak Dugaan Korupsi Pengadaan Pesawat Dibongkar - inilah.com

Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) mendukung langkah KPK mengungkap dugaan korupsi dalam pengadaan pesawat terbang PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Kalau tak ada aral, kata Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty, Sekarga akan berkunjung ke gedung KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/11/2021). Tujuannya untuk mendukung KPK mengungkap tuntas penyelewengan keuangan Garuda. Seluruh pelakunya harus diseret ke meja hijau. “Rencananya kami akan berkunjung ke Gedung KPK pada Selasa (9/11/2021), sekitar pukul 11.00 WIB. Intinya, kami mendukung KPK untuk mengusut seluruh dugaan korupsi, mark up dan berbagai penyelewengan keuangan di tubuh Garuda,” tegas Tomy kepada Inilah.com, Senin (8/11/2021).

Baca juga  Purnawirawan TNI Tolak Usulan Ketua KPK Jadi Bintang 4

Kata Tomy, dukungan Sekarga terhadap KPK ini, menyikapi pernyataan mantan Komisaris Garuda, Peter F Gontha terkait dugaan korupsi dalam pengadaan pesawat terbang di Garuda. Sekedar mengingatkan, Peter F Gontha melalui akun instagramnya, membeberkan dugaan korupsi pengadaan 50 unit pesawat Boeing 737 Max
pada 2013-2014.

Nilai kontrak US$3 miliar atau setara Rp42,8 triliun (Kurs Rp14.300/US$). Angka ini dianggapnya kemahalan. Kala itu, Peter menjabat komisaris Garuda dimintai tanda tangan namun menolak. Belakangan dia setuju dengan catatan hanya diberi waktu 1×24 jam sehingga tak cukup waktu untuk mengevaluasinya.  

Ekonom CORE Indonesia, Piter Abdullah mendukung upaya KPK mengusut tuntas seluruh proses pengadaan pesawat di Garuda yang janggal. Seluruh penikmat uang harap termasuk otaknya, harus bisa dibongkar. “Saya kira pasti ada orang kuat dalam dugaan korupsi di Garuda. Jangan hanya berhenti di Emirsyah Satar. Yang bikin rusak Garuda hingga utangnya hampir Rp100 triliun,” pungkasnya.

Baca juga  Pasien Terinfeksi COVID-19 di Aceh Tersisa 49 Orang

Tinggalkan Komentar