Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Sambangi Pasar Koja, Mendag Zulhas Komitmen Wujudkan Stabilitas Harga Pangan

Jumat, 17 Jun 2022 - 15:23 WIB
Img 20220617 132553 - inilah.com
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengecek harga pangan di Pasar Koja, Jakarta Utara, Jumat (17/6/2022). Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali menyambangi pasar tradisional. Setelah Pasar Cibubur, kini Zulhas mengecek ketersediaan dan harga pangan di Pasar Jaya Koja Baru, Koja, Jakarta Utara, Jumat (17/6/2022).

Zulhas akan terus berkunjung ke sejumlah pasar. Ia berkomitmen mewujudkan ketersediaan dan stabilitas harga pangan.

“Hal ini merupakan tugas jangka pendek yang diberikan Presiden Jokowi,” kata Mendag Zulhas di Pasar Koja.

Dalam kunjungannya, ketua umum PAN itu mendapati lonjakan harga sejumlah bahan pangan seperti cabai, bawang merah, telur ayam, daging ayam, dan daging sapi.

“Kemarin saya ke Pasar Cibubur, hari ini ke Pasar Koja. Ternyata harga telur naik dari Rp24 ribu jadi 30 ribu. Ayam juga naik dari Rp22 ribu menjadi 25 ribu. Semua segala jenis cabai naik. Nah itu yang saya dapatkan dari pasar,” terang Zulhas.

Baca juga
Gol Penalti Konate Buyarkan Kemenangan Persebaya Atas Persija

Dia menjelaskan tentang kemungkinan terjadinya kenaikan harga pangan tersebut. Salah satunya terkait harga telur dan daging ayam.

Menurut Zulhas, dari cerita pedagang, kenaikan harga akibat peternak ayam menghadapi lonjakan harga pakan atau makanan ayam. Akibatnya, peternak ayam menaikkan harga jual kepada pedagang.

Merespons kondisi itu, Zulhas memastikan pemerintah akan membantu para pedagang dengan memberikan subsidi jagung Rp 1.000 per kilogram. Sebab, pakan ayam kerap menggunakan jagung.

Sebelumnya, Zulhas telah mengunjungi Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022) guna mengecek harga pangan. Langkah ini sekaligus memastikan ketersediaan pangan jelang perayaan Idul Adha, 9 Juli 2022 mendatang.

Tinggalkan Komentar