Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Sambut Liburan Sekolah, Simak Tips Jitu Kelola Keuangan Keluarga

Sabtu, 18 Jun 2022 - 09:07 WIB
Sambut Liburan Sekolah, Simak Tips Jitu Kelola Keuangan Keluarga - inilah.com
Ilustrasi. Foto: iStockphoto.com

Musim liburan sekolah yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Momen ini juga dikenal sebagai high season atau musim libur panjang. Para orang tua pun memanfaatkannya untuk menyusun rencana liburan bersama anak-anak setelah sekian lama disibukkan dengan kegiatan sekolah.

Agar waktu berkualitas bersama anak-anak tetap seru dan bebas khawatir, mempersiapkan kebutuhan secara rinci dan terencana tentu perlu dilakukan, khususnya terkait pengeluaran agar tidak menjadi beban setelah liburan. Menyiasati hal ini, tentu ada beberapa rekomendasi yang dapat dijalankan.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak empat tips sambut musim liburan agar tetap nyaman dan terencana.

Tentukan sejak awal aktivitas yang ingin dilakukan bersama keluarga

Menyusun agenda liburan tentu menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan saat merencanakan liburan bersama keluarga. Bukan hanya menjadi momen berbagi wawasan mengenai spot wisata terbaru yang seru untuk dijelajahi, kegiatan ini juga sangat penting agar proyeksi dana liburan semakin mudah dan efektif.

Diskusikanlah bersama anggota keluarga sejak awal terkait destinasi, waktu dan periode liburan, aktivitas yang hendak dilakukan, hingga penginapan yang menjadi preferensi. Misalnya, Anda dan keluarga ingin mengunjungi wisata alam, mencicipi kuliner setempat, atau hiburan lainnya, Anda jadi bisa mendapatkan bayangan yang semakin rinci terkait budget dan kebutuhan lain yang diperlukan. Kegiatan ini juga bisa menjadi momen quality time yang semakin mendekatkan seluruh anggota keluarga.

Baca juga
Isi Liburan Sekolah, Hot Wheels Gelar Kompetisi Diecast di Supermal Karawaci

Pisahkan tabungan khusus untuk dana liburan

Saat merencanakan liburan, pastikan dana yang disiapkan cukup dan tidak bersinggungan dengan pengeluaran rutin keluarga untuk kebutuhan sehari-hari. Agar tidak kelabakan, menabung sejak awal tentu menjadi salah satu solusi yang direkomendasikan. Setelah melakukan proyeksi pengeluaran, siapkan satu platform khusus yang dapat digunakan untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan.

Bukan hanya membuat proses menabung lebih mudah dan teratur, memisahkan tabungan khusus untuk liburan juga dapat mendorong kamu lebih disiplin untuk mencapai target. Tips tambahan, pantau progres tabungan dengan melakukan evaluasi secara berkala sehingga goal liburan keluarga bisa tercapai dan tepat waktu.

Makin praktis dan ramah di kantong, Anda bisa memanfaatkan layanan transfer dari ShopeePay yang bisa digunakan untuk Transfer Ke Mana Pun, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank yang gratis biaya admin, tanpa batas kuota harian, dan real-time.

Buat pengeluaran liburanmu semakin efisien dengan melakukan budgeting selama liburan. Anda bisa pisahkan budget sesuai dengan ragam kategori seperti transportasi, penginapan, konsumsi, shopping, hingga oleh-oleh.

Baca juga
Isi Liburan Sekolah, Hot Wheels Gelar Kompetisi Diecast di Supermal Karawaci

Tetap kreatif eksplorasi aktivitas menarik di sekitar

Selain wisata ke luar kota atau negeri, salah satu cara untuk menyiasati musim liburan sekolah tetap hemat adalah dengan mengeksplorasi aktivitas menarik di sekitar kita. Alternatif ini nyatanya menjadi solusi kreatif bagi para orang tua yang memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan liburan jarak jauh.

Manfaatkanlah platform digital untuk eksplorasi kegiatan baru di luar rutinitas biasanya. Mulai dari taman bermain, galeri seni, museum sejarah, pusat seni dan budaya, hingga acara dan program spesial yang kerap diselenggarakan bertepatan dengan momen liburan.

Tak hanya misi quality time tercapai, anak pun akan mengenal kegiatan-kegiatan baru dan mungkin akan menemukan minat dan bakatnya yang selama ini terpendam.

Manfaatkan promo dan penawaran spesial liburan

Menjelang musim liburan, ada banyak promo dan penawaran spesial yang bisa Anda temukan di beragam platform. Rajin-rajinlah melakukan browsing untuk lihat pilihan promo yang bisa meringankan pengeluaran liburanmu sesuai dengan destinasi yang hendak dituju. Anda juga bisa kunjungi agen wisata terdekat untuk mendapatkan penawaran spesial dan rekomendasi wisata.

Baca juga
Isi Liburan Sekolah, Hot Wheels Gelar Kompetisi Diecast di Supermal Karawaci

Selain itu, kunjungilah pameran travel yang kerap memberikan harga spesial. Selain menguntungkan, Anda bisa mendapatkan inspirasi destinasi wisata selanjutnya, lho! Ssst, ketika liburan nanti, intip kuliner setempat melalui laman ShopeePay Sekitarmu di aplikasi Shopee dan dapatkan berbagai penawaran spesial agar makin hemat!

Itulah empat trik kelola keuangan keluarga untuk sambut liburan sekolah. Agar persiapan makin terencana dan terukur, jangan lupa manfaatkan layanan transfer dari ShopeePay untuk Transfer Ke Mana Pun baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke rekening bank. Transaksi transfer real-time atau langsung sampai pun makin hemat karena gratis biaya admin dan tanpa batas kuota harian.

Selain itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan bonus saldo dengan jumlah total miliaran rupiah. Cukup dengan akses fitur ini melalui aplikasi Shopee dan kamu akan rasakan pengalaman transfer yang mudah dan praktis.

Tinggalkan Komentar