Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Sambut Ramadan, Wisata Religi Makam Mbah Wasil di Kota Kediri Kembali Dibuka

Makam Mbah Wasil - inilah.com
Foto Bacaini

Pemerintah Kota Kediri mengizinkan wisata religi Makam Syekh Al Wasil atau Mbah Wasil di Kota Kediri, Jawa Timur, untuk dibuka menyusul kasus COVID-19 di kota ini yang sudah semakin melandai.

“Alhamdulillah untuk tanggal 24 Maret 2022 wisata religi Makam Syekh Al Wasil dan seluruh taman di Kota Kediri kembali dibuka. Kami sedang mempersiapkan semuanya,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Kamis (24/03/2022).

Pemkot Kediri memang sudah mengizinkan untuk wisata Religi Makam Syekh Al Wasil untuk buka. Selain itu, taman di kota ini juga sudah diizinkan untuk dibuka, setelah sebelumnya ditutup karena pandemi COVID-19.

Untuk taman, jam operasional dimulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Sedangkan untuk wisata religi Makam Syekh Al Wasil Kota Kediri mulai pukul 08.00 – 24.00 WIB.

Baca juga
Foto: Potret Ramainya Hari Terakhir Pameran Otomotif GIIAS 2021 Buka Hingga Jam 9 Malam

Wali Kota mengungkapkan, di area wisata religi Makam Syekh Al Wasil Kota Kediri telah dilakukan pembersihan oleh warga, kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Kediri.

Begitu pula dengan taman, juga tengah dipersiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri. Persiapan ini dilakukan agar saat dikunjungi oleh wisatawan sudah benar-benar bersih.

“Untuk taman ini dipersiapkan mungkin karena terkena hujan ada beberapa yang berkarat. Keseluruhan semuanya siap untuk digunakan. Insya Allah semua sudah siap untuk dibuka. Saya sudah ditagih banyak warga karena kemarin baru tiga taman yang dibuka. Sekarang semua dibuka,” kata dia.

Baca juga
Review realme C31: Smartphone Sejutaan Serba Bisa Bikin Ramadan Maksimal

Ia juga mengajak masyarakat untuk datang ke wisata religi dan taman di Kota Kediri. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di taman bersama keluarga, terlebih lagi taman-taman di Kota Kediri sangat nyaman.

1460404766570c021ec437f - inilah.com
Makam Syekh Al Wasil

Namun, Wali Kota juga tetap mengimbau agar pengunjung memperhatikan protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker, rajin cuci tangan serta menjaga jarak. Sebab saat ini masih berada di masa pandemi COVID-19.

“Untuk warga yang butuh healing bisa datang ke taman. Di sini juga bisa olahraga dan main-main bersama. Kami minta pengunjung untuk memperhatikan protokol kesehatan hingga nanti COVID-19 ini dinyatakan sebagai endemi. Kita harus saling mengingatkan dan menjaga,” kata Wali Kota.

Baca juga
Foto: Tim Pemantau Tidak Melihat Hilal di Masjid Al-Musyari'in Basmol

Syekh Al Wasil adalah satu wali yang berpengaruh dalam persebaran ajaran Islam di Indonesia. Ulama yang lebih dikenal sebagai Mbah Wasil ini dimakamkan di Kota Kediri, tepatnya di dekat pusat perbelanjaan. Makam ini selalu ramai saat hari Jumat, utamanya saat bulan suci Ramadan.

Mbah Wasil sendiri dijelaskan sebagai tokoh Islam berpengaruh yang hidup pada abad ke 12 Masehi, pada masa kerajaan Kediri. Namun belum diketahui dengan pasti kapan Mbah Wasil wafat.

Tinggalkan Komentar