Minggu, 25 September 2022
29 Safar 1444

Sampah Tes COVID Ngambang di Laut, Satgas Gelar Penyelidikan

Rabu, 02 Feb 2022 - 12:09 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Sampah Tes Covid Mengapung Di Pantai Sritanjung Banyuwangi - inilah.com
Sampah Tes Covid Mengapung Di Pantai Sritanjung Banyuwangi

Ribuan limbah bekas alat tes antigen COVID-19 ditemukan berserakan di Pantai Selat Bali di sisi Banyuwangi, Jawa Timur.  Dalam video yang beredar, terlihat ada ratusan hingga ribuan alat tes antigen berupa cutton bud berserakan di sepanjang pantai.

Beberapa sampah antigen test kit dibuang dan dibakar di bibir pantai yang terletak di depan Terminal Sritanjung, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Limbah medis itu ditemukan pada Minggu (30/1/2022) sekitar pukul 14.00 WIB, dan sampah-sampah itu adalah bekas alat tes antigen COVID-19.

Pasca videonya viral, tim Satgas COVID-19 Kabupaten Banyuwangi mendatangi dan menegur klinik pembuang limbah medis bungkus rapid test.

Baca juga
Banyuwangi Membuka Diri untuk Wisata Bersepeda

Kapolresta Banyuwangi beserta Dandim 0825 dan Danlanal Banyuwangi, yang sekaligus tim satgas COVID-19 melakukan sidak dan menegur klinik tes COVID-19 yang berada di dekat Pelabuhan ASDP Ketapang.

Dalam sidak ini petugas mengecek dan melihat langsung pembuangan serta penanganan limbah medis yang dikelola oleh klinik.

Pihak klinik meminta maaf karena telah lalai dan kurang teliti karena membuang sampah plastik bungkus bekas tes COVID-19 hingga tercecer di perairan Selat Bali.

Sebelumnya satuan polisi air Polresta Banyuwangi, Jawa Timur langsung melakukan gelar perkara untuk menyelidiki kasus viralnya sampah tes COVID-19 yang diduga sengaja dibuang ke laut.

Baca juga
Warga Turunkan Paksa Plang Muhammadiyah di Banyuwangi

Polisi menyimpulkan limbah medis yang dibuang adalah bungkus kemasan tes COVID-19.

Sementara itu ribuan sampah medis yang sempat viral berserakan di tepi pantai kini sudah tak terlihat lagi.

Tim satpol air Polresta Banyuwangi sudah membersihkan sampah-sampah bungkus rapid test yang sempat berserakan di laut.

Tinggalkan Komentar