Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Samurai Biru Tebas Spanyol dan Jerman, Gol Kontroversial Jepang Jadi Sorotan

Jumat, 02 Des 2022 - 06:19 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Ao Tanaka (kedua kanan) dari Jepang melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua di pertandingan antara Jepang dan Spanyol di Stadion Internasional Khalifa pada Jumat (2/11/2022) WIB di Doha, Qatar. (Foto: Gettyimages/Elsa)
Ao Tanaka (kedua kanan) dari Jepang melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua di pertandingan antara Jepang dan Spanyol di Stadion Internasional Khalifa pada Jumat (2/11/2022) WIB di Doha, Qatar. (Foto: Gettyimages/Elsa)

Jerman harus tersingkir dari Piala Dunia 2022, Jumat (2/12). Gagal lolosnya Der Panzer akibat dari adanya gol kontroversial Jepang.

Kedua tim bermain dalam waktu yang bersamaan. Jerman menghadapi perlawanan Kosta Rika, sementara Jepang berduel dengan Spanyol.

Sebelum laga, Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman, berurutan di papan klasemen dengan 4, 3, 3, dan 1 poin. Dengan begitu, setiap tim masih punya kans untuk melaju ke babak berikutnya.

Jerman berhasil mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar. Sementara itu, ‘Samurai Biru’ menebas Spanyol dengan skor 2-1 di Stadion Internasional Khalifa.

Hasil positif menghadapi raksasa eropa Jerman dan Spanyol membuat Jepang memuncaki klasemen Grup E dengan 6 poin. Sementara itu, Spanyol dan Jerman berurutan di tempat kedua dan ketiga dengan 4 poin, tapi La Furia Roja unggul selisih gol.

Baca juga
Prancis Melaju ke Perempat Final Usai Pecundangi Polandia 3-1

Gol tersebut merupakan lesakkan Ao Tanaka pada menit ke-51. Dalam prosesnya, Doan melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti, Mitoma lalu menyambarnya dan Tanaka selesaikan.

Akan tetapi, gol tersebut kemudian kena anulir wasit karena ada indikasi bola sudah melewati garis saat Mitoma menyambar bola.

Alasan Gol Jepang Sah

Dalam tayangan ulang, hampir seluruh bola terlihat sudah keluar.

Namun demikian, tim wasit meninjau ulang dengan VAR. Terlihat, bola belum seluruhnya melewati garis, jaraknya sangat tipis, dan gol tersebut pun sah.

Dalam tayangan ulang, bagian bawah bola nampak sudah keluar garis. Namun bagian sisi bola lainnya masih menyentuh garis lapangan meski sangat tipis.

Baca juga
Penjelasan Gol 'Kontroversial' Jepang yang Bikin Jerman Pulang

“Sepak bola adalah permainan tentang milimeter. Ini adalah momen proses gol kedua Jepang yang sudah ditinjau secara intens dengan VAR. [Kaoru] Mitoma masih bisa menjaga bola tetap hidup,” tulis keterangan FIFA.

Andai gol Tanakan dianulir dan duel Jepang vs Spanyol berakhir imbang 1-1, Jerman akan ke babak 16 besar. Dengan kondisi itu, Spanyol akan memuncaki klasemen, sedangkan Jerman di tempat kedua dengan 4 poin dan unggul selisih gol dari Jepang.

Tinggalkan Komentar