Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Sandiaga: Film Indonesia Mampu Bersaing dan Menang Oscar

Sandiaga Film Indonesia
(ist)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai peluang film Indonesia bersaing dan menang Piala Oscar terbuka cukup lebar. Sebab ekonomi kreatif Indonesia menjadi sektor terbesar nomor tiga nasional.

Sandi menjelaskan, industri dan ekonomi krearif di AS berada di urutan pertama untuk Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Sehingga industri perfilman negeri Paman Sam itu berkembang pesat dan mendunia.

Hal yang sama juga terjadi di Korea Selatan dimana ekonomi kreatif mereka berada di urutan kedua PDN Negeri Ginseng tersebut.

“Korea (Selatan) ekonomi kreatifnya nomor dua dengan K-Pop dan Drama Korea sudah menang Oscar. Indonesia sekarang nomor tiga kontribusi sub sektor ekonomi kreatif pada PDB kita. Jadi menurut saya ini saatnya,” kata Sandi saat pembukaan Pitching Forum Akatara 2022 di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Baca juga
Will Smith Tampar Chris Rock di Panggung Oscar Cuma Akting?

Ia pun mengungkapkan, ke depan Indonesia harus bisa mengambil posisi untuk menempatkan industri perfilman dikenal dunia internasional. Sehingga bukan tidak mungkin film Indonesia masuk dan memenangi Piala Oscar.

“Kita harus make it, kita harus juara dan ini adalah tanggungjawab bersama,” imbuh Sandi.

Lebih lanjut, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan bahwa pemerintah bersama pihak-pihak terkait akan membangun ekosistem sehingga film-film Indonesia semakin bemutu. Hal ini bertujuan agar film Indonesia bisa menghasilkan keuntungan bersaing secara global.

“Ini bagian dari pada pemulihan tata kelola dan ekonomi baru pasca-pandemi,” ujar Sandi. [ikh]

Tinggalkan Komentar