Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Sandiaga Tutup Puncak Kelana Ramadan di Kampung Jokowi

Kelana Ramadan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melaksanakan rangkaian puncak acaranya di Solo yang juga kampung halaman Presiden Joko Widodo pada Jumat (29/4/2022).

Sandiaga mengatakan pihaknya melaksanakan program Kelana Ramadhan untuk membangkitkan ekonomi berbasis ekonomi kreatif, agar bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Apalagi selama dua tahun pandemi Covid-19 betul-betul menghantam ekonomi kreatif subsektor seni pertunjukkan, karena adanya batasan untuk berkegiatan secara fisik. Sebagai salah satu kota yang sudah menjadi Kota Kreatif, Solo mengedepankan subsektor seni pertunjukkan.

“Kami memutuskan Kota Solo menjadi final dari rangkaian Kelana Ramadhan, seperti kita ketahui Kota Solo sudah menjadi Kota Kreatif yang mengedepankan subsektor seni pertunjukkan dan ini membuka justru begitu banyak peluang usaha, serta lapangan kerja dalam tatanan ekonomi baru,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Sabtu (30/4/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga
Gus Irfan Sebut Prabowo Sudah Siap Maju jadi Capres 2024

Namun dengan pengendalian pandemi yang lebih baik, Sandiaga Uno mengajak, Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan seluruh pelaku ekonomi kreatif untuk bersama-sama bergandengan tangan, ciptakan inovasi-inovasi dan membuka peluang usaha serta lapangan kerja.

“Arahan dari Presiden Jokowi adalah paska pandemi, kita bukan hanya mampu untuk menyusun kebangkitan kita bersama tapi kebangkitan yang lebih kuat. Recover together recover stronger. Hal ini juga sesuai dengan semangat G20,” ungkap Sandiaga Uno.

Selain itu, kegiatan Kelana Ramadhan ini pun dimaksudkan sebagai medium fungsionalisasi Kota Solo sebagai Kota Kreatif dengan Seni Pertunjukan sebagai Subsektor Ekonomi Kreatif unggulannya.

Baca juga
Menparekraf Sandiaga Ajak Komunitas Motor Promosikan MotoGP Mandalika

“Kota Solo sudah menjadi Kota Kreatif yang mengembangkan seni pertunjukkan dan ini harus kita apresiasi. Harapannya, kota ini dapat menjadi penghela bagi daerah lainnya dalam memajukan ekosistem ekonomi kreatif yang dapat menggerakkan perekonomian rakyat,” tambah Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menyebutkan dengan semangat amadhan berbagi, para pelaku kelana Ramadhan berbagi ide, gagasan, pemasaran, pendampingan, dan pelatihan.

“Ada beberapa ide tadi untuk hak kekayaan intelektual maupun juga terobosan yang nanti bisa juga kita kolaborasikan dengan Kemenparekraf,” tutup Sandiaga.

 

Tinggalkan Komentar