Selasa, 21 Maret 2023
29 Sya'aban 1444

Sandiaga Uno: India Masuk Lima Besar Negara Penyumbang Wisman Terbanyak

Senin, 06 Feb 2023 - 23:30 WIB
20230124 160833 - inilah.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief With Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Selasa (24/1/2023). (Foto:Antara).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia melesat selama tahun 2022. Tercatat ada 5,5 juta kunjungan.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno, mengatakan, adapun urutan wisman yang berkunjung ke Indonesia, peringkat pertama diduduki negara Singapura sebanyak 20,15 persen. Kemudian kedua ada Malaysia 17,89 persen lalu Australia 11,42 persen, Timor Leste 8,4 persen, dan India 5,61 persen.

Ia mengatakan India menjadi pendatang baru dalam lima peringkat negara penyumbang wisman. Untuk itu, ia merasa perlu melakukan pendekatan spesial agar bisa menggenjot jumlah kunjungan wisman dari negeri Bollywood.

Baca juga
China Bangkit Harga Minyak Naik, OPEC: Pasar Global Bakalan Seret

“Tanpa penerbangan langsung, India sudah masuk posisi lima dari kunjungan wisman dengan total 5,61 persen. Mereka harus transit di beberapa negara, Vietnam, Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok. Kami membayangkan bagaimana jika ada penerbangan langsung” tutur Sandiaga saat weekly brief yang dilaksanakan secara daring, Senin (6/2/2023).

Menurut Sandiaga, Kemenparekraf perlu untuk mengusulkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar mau membuka penerbangan langsung dari India. Ia yakin cara ini bisa menggenjot jumlah kunjungan wisman.

“Jadi India ini kami akan langsung berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan mereka juga sangat ingin untuk mulai penerbangan langsung ke Indonesia, kita sudah harus siap,” ujarnya.

Baca juga
Rupiah Semringah di Tengah Ekspektasi Surplus Neraca Perdagangan

Dengan upaya dan tren positif ini, Sandi optimistis bisa meningkatkan destinasi pariwisata serta bisa memenuhi target yang direncanakan. “Jadi itu yang jadi target kita, untuk peluang 7,4 juta wisatawan mancanegara bisa tercapai. Untuk di bulan Januari dari data harian yang masih roll, saya cukup optimis 7,4 juta ini bisa kita capai dengan kerja keras kita bersama,” tandas Sandiaga.

Tinggalkan Komentar