Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Sara Duterte Menang Pemilihan Wapres, Dua Anak Presiden Filipina Lanjutkan Warisan Orang Tua

Selasa, 10 Mei 2022 - 17:00 WIB
Sara Duterte Filipina - inilah.com
Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan putrinya Sara Duterte - ist

Sara Duterte, putri dari Presiden Filipina Rodrigo Duterte berhasil memenangkan Pemilihan Wakil Presiden di negara itu, Senin (9/5/2022).

Melansir AFP, Selasa (10/5/2022), Sara berhasil meraup lebih dari separuh jumlah suara yang dibutuhkan dalam pemilu Wapres Filipina.

Kesuksesan Sara dalam pemilu Wapres meneguhkan posisi keluarga Duterte dalam pusat politik Filipina untuk enam tahun ke depan.

Dengan masih besarnya dukungan, Duterte diyakini akan lolos dari upaya tuntutan pidana dalam negeri dan internasional.

Pasalnya menurut laporan, ribuan orang secara resmi dilaporkan tewas dalam perang narkoba yang digaungkan Duterte sejak menjabat tahun 2016. Kebijakan perang narkoba itu memicu kecaman luas dan bahkan memicu penyelidikan oleh Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Baca juga
China Vs Korea Selatan di Final Piala Asia Wanita

Meski demikian, banyak juga masyarakat yang tidak suka dengan cara pemerintahan Duterte menegakkan keadilan, tidak suka dengan birokrasi, korupsi dan disfungsi yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Dengan kemenangan tersebut, para pendukung memandang Sara sebagai tangan yang tepat untuk melanjutkan warisan dan melindungi ayahnya dari kemungkinan tuntutan pidana ketika jabatan Duterte sebagai Presiden berakhir.

Sementara itu, Calon Presiden Ferdinand Marcos Junior, putra dari mendiang diktator Ferdinand Marcos juga berhasil memenangkan pemilu Presiden (Pilpres) pada hari yang sama. Dalam penghitungan sementara, Marcos Junior meraih dari 50 persen suara.

Tinggalkan Komentar