Rabu, 25 Mei 2022
24 Syawal 1443

Sasar Para Musisi, Sennheiser Luncurkan Sistem In-Ear Monitoring XS Wireless IEM

Sennheiser XS Wireless IEM
(dok. Sennheiser)

Sennheiser meluncurkan produk XS Wireless IEM terbarunya bagi para musisi yang ingin menjadikan penampilan mereka lebih profesional, dengan beralih dari speaker monitor lantai (floor wedges) ke IEM nirkabel.

XS Wireless IEM –atau disingkat XSW IEM– merupakan set perlengkapan untuk kebutuhan monitor audio personal, yang dirancang sebagai standar baru dalam in-ear monitoring (IEM) yang mudah, fleksibel dan andal. Sistem pada produk anyar ini memungkinkan pengguna untuk mengatur koneksi nirkabel pada UHF skala profesional dengan mudah dan cepat.

“Apapun genre musiknya, baik untuk berlatih maupun tampil live, XSW IEM akan meningkatkan kualitas audio serta memberikan kebebasan dalam bergerak. Perangkat ini bisa memonitor audio Anda dengan jelas, merupakan langkah awal dari sebuah pertunjukan yang hebat,” kata Product Manager Sennheiser Bertram Zimmermann dalam keterangannya kepada Inilah.com.

Lebih lanjut dia menjelaskan, XSW IEM akan memberikan hasil audio yang berkualitas, konsisten dan andal, sehingga pengguna bisa fokus dalam memberikan penampilan musik terbaik. Ketika para musisi sudah mulai mencoba IEM nirkabel, mereka tidak akan mau lagi menggunakan speaker monitor floor wedges.

“Mendengarkan audio melalui speaker monitor lantai, side fill atau bahkan monitor PA personal terkadang bisa menyulitkan. Suara yang dihasilkan bisa jadi kurang stabil, terutama ketika pengguna tengah bergerak aktif, dan seringkali kualitas audio di masing-masing tempat pertunjukan pun berbeda,” tambah Zimmermann.

Baca juga
GIMNI: Harga Minyak Goreng Curah di Atas Rp16 Ribu, Itu Garong

Menurut dia, semua kendala tersebut dapat mempengaruhi latihan atau penampilan seorang musisi karena adanya kesulitan dalam mendengar audio mereka sendiri maupun anggota band lainnya.

“IEM dapat membantu mereka mengatasi tantangan ini. XSW IEM memungkinkan kualitas audio yang konsisten dan andal.”

“Suara yang jelas dan jernih dapat membantu pengguna mengolah suara vokal maupun instrumen musik yang dimainkan. Pada akhirnya akan meningkatkan kualitas penampilan penyanyi. Selain itu, risiko terjadinya suara feedback dari speaker pun dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Sennheiser XS Wireless IEM

Pengguna pun tidak perlu memiliki keahlian teknologi khusus karena sistem XSW IEM terbilang cukup mudah dan cepat untuk dipasang. Dengan demikian, mereka dapat menghindari persiapan yang rumit dan memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk latihan.

Baca juga
Pencarian Bakat Digelar Jelang Prambanan Jazz Festival 2022

XSW IEM memanfaatkan frekuensi UHF agar dapat menghasilkan koneksi nirkabel yang profesional. Setelan frekuensi yang telah disesuaikan dengan perhitungan yang tepat memungkinkan para musisi untuk dapat menggunakan produk ini dengan mudah dan cepat.

Apabila dibutuhkan, frekuensi transmisinya pun dapat disesuaikan secara manual. Tampilan lampu pada bodypack receiver dan pemancar rack-mount dapat memudahkan pengguna untuk melihat posisi setelan, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk sekalipun.

Selain itu, sistem pada XSW IEM pun menyediakan fitur pembatas suara untuk melindungi pendengaran dan pilihan peningkatan frekuensi tinggi agar dapat mengoptimalkan kejernihan dan kejelasan audio. Dalam memonitor audio, pengguna dapat menggunakan pengaturan mono atau pengaturan stereo.

Pengaturan stereo tersedia dalam dua pilihan, yakni dengan mematikan mode Fokus sehingga panel kontrol akan mengubah volume pada telinga kanan dan kiri. Pilihan kedua dengan menyalakan mode Fokus untuk menentukan signal mana yang akan terdengar lebih keras guna menciptakan pengaturan mono yang dapat disesuaikan.

Baca juga
Harga Minyak Goreng Melambung, Waspadai Bahaya Minyak Jelantah

XSW IEM pun dilengkapi dengan sensor inframerah untuk membantu menyinkronisasikan berbagai bodypack receiver dengan sebuah pemancar tunggal. XSW IEM meliputi sebuah bodypack receiver stereo yang dilengkapi perangkat in-ear dan baterai, serta pemancar stereo yang terdiri dari antena, peralatan rack-mount dan colokan listrik.

Ketika mulai menggunakan XSW IEM, penggunaan pemancar tunggal dengan sejumlah bodypack receiver merupakan cara memonitor suara yang paling efektif apabila tengah digunakan oleh sebuah band. Ke depannya, mereka dapat menambah pengaturan untuk masing-masing pemain dengan menggunakan pemancar IEM tambahan.

XSW IEM dibanderol Rp12.094.000, serta receiver dan pemancar tambahan masing-masing Rp7.047.000.

XSW IEM tersedia dalam lima jenis rentang frekuensi UHF yang selaras dengan rangkaian produk mikrofon nirkabel dan pemancar instrumen seri XSW. Produk ini akan mulai tersedia di Indonesia pada 24 Mei mendatang.

Tinggalkan Komentar