Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Satgas COVID-19 Harap Lebaran Tahun Ini Pemudik Tak Rugikan Orang Tua

Reisa
Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Reisa Broto Asmoro (foto Instagram)

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Reisa Broto Asmoro berharap masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran sudah mendapat vaksinasi booster.

Upaya itu dilakukan agar Hari Raya Idul Fitri tahun 2022 ini para pemudik tidak membawa virus COVID-19 setelah melengkapi dosis vaksinasi.

“Ini merupakan bagian dari mitigasi, tentunya kita ingin merayakan Lebaran tahun ini dengan baik, tidak merugikan orang tua, mau tetap kasusnya turun, terus tetap landai tidak naik-naik lagi,” kata Reisa, Rabu (30/3/2022).

Menurutnya, vaksinasi booster adalah salah satu upaya mitigasi yang dapat melindungi setiap anggota keluarga dari penularan COVID-19 saat mudik Lebaran mendatang.

Baca juga
Teaser Film KATA: Makin Sendu dan Emosional

Saat masyarakat kembali ke kampung halaman akan banyak pula orang tua dan anak-anak yang memiliki kemungkinan belum divaksinasi.

Melalui proteksi yang diberikan vaksinasi penguat, antibodi setiap orang dapat terbentuk secara optimal. Vaksinasi penguat juga dapat membantu situasi pandemi COVID-19 di Indonesia menjadi lebih terkendali karena dapat menjaga tren kasus positif menjadi tetap rendah.

Dirinya berharap masyarakat memahami manfaat vaksinasi penguat dan segera pergi ke fasilitas kesehatan terdekat guna melengkapi dosis vaksin selanjutnya agar setiap orang dapat mudik dengan aman.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 tercatat sebanyak 21.728.296 warga Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Sementara jumlah warga yang menerima dosis lengkap sebanyak 159.025.975 orang. Sedangkan sebanyak 196.354.667 orang sudah mendapatkan dosis pertama.

Baca juga
Badai Omicron Mulai Usik Liga-liga Indonesia

Sedangkan jumlah sasaran dari vaksinasi COVID-19 yang ditargetkan pemerintah sampai saat ini ada sebanyak 208.265.720 orang guna memutus mata rantai penularan dan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

Tinggalkan Komentar