Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

Satgas COVID-19 Tegaskan Usut Dugaan Kecurangan Karantina

Kamis, 03 Feb 2022 - 20:00 WIB
Penulis : Willi Nafie
Usut Dugaan Kecurangan Karantina

Satgas Penanganan COVID-19, bakal mengusut dugaan kecurangan dalam proses karantina. Hal ini menyusul pihak Satgas dan Polri melakukan proses evaluasi pengelola di bandara. Ada temuan menunjukkan perlunya kesadaran yang tinggi, untuk mematuhi aturan agar dapat meminimalisir peluang kecurangan.

Bahkan Presiden Joko Widodo pun ikut menyorti soal dugaan kecurangan dalam proses karantina tersebut. Jokowi memerintahkan beberapa lembaga terkait, untuk menindaklanjuti ada permainan karantina tersebut.

“Sampai kepada proses karantina demi meminimalisir kecurangan,” kata juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, Kamis (3/2/2022).

Satgas COVID-19 lalu mengimbau masyarakat agar tidak memanfaatkan celah guna melakukan kecurangan, dan patuh terhadap aturan karantina yang ada.

Baca juga
Jateng-Papua Provinsi Tertinggi Penyumbang Covid-19

“Peraturan karantina dibuat dengan penuh pertimbangan. Regulasi itu untuk menjamin kesehatan dan keselamatan seluruh elemen masyarakat,” kata Wiku, Kamis (3/2/2022).

Wiku memastikan pemerintah terus memantau tren kenaikan kasus konfirmasi harian dalam seminggu terakhir. Wiku menegaskan upaya bersama menekan kasus COVID-19 harus menjadi perhatian bersama.

Pemerintah juga terus menggencarkan program vaksinasi serta menyiapkan stok obat-obatan di apotek. Kemudian, memperkuat fasilitas telemedicine bagi masyarakat tanpa gejala. Lalu pencegahan transmisi lokal di dalam negeri dengan penguatan protokol kesehatan dan pelacakan.

“Pemerintah juga terus melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk negara serta memperketat screening.” tutupnya.

Tinggalkan Komentar