Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

SBY Cabut Grasi Narapidana Narkoba Ola

Rabu, 07 Nov 2012 - 06:19 WIB
Penulis : Laela Zahra
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

INILAH.COM, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencabut Grasi terpidana mati kasus narkoba, Meirika Franola alias Ola (42).

Ola diketahui melakukan kejahatan yang sama setelah mendapatkan Grasi dari presiden.

"Ola ini kurir narkoba, dihadapi hukuman mati dan mendapatkan keringanan yang ditandatangani presiden (Grasi). Setelah ditandatangani, yang bersangkutan melakukan kesalahan lagi dengan membawa barang-barang terlarang. Maka ini tidak layak diberikan Grasi," jelas Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Ola dinilai tak pantas mendapatkan pengampunan dari presiden, setelah terungkap mengulangi kejahatan yang sama, hanya dalam waktu beberapa minggu setelah mendapatkan pengampunan hukuman dari presiden.

"Kan Grasi itu pengampunan, seharusnya yang bersangkutan kembali ke jalan yang benar. Tapi laporan dari BNN yang bersangkutan berbuat seperti itu, dan kami laporkan kepada presiden ini tidak boleh terjadi. Dan Grasi bisa dipertimbangkan untuk dicabut kepada yang bersangkutan (Ola)," kata Djoko.[jat]