Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

SBY-JK Dinilai Berupaya Duetkan Anies dengan AHY

Kamis, 23 Jun 2022 - 19:32 WIB
0623 022058 9e07 Inilah.com  - inilah.com
Tangkapan layar pertemuan Ketua Majelis Tinggi PD, Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) dengan mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022). Foto: Instagram @isari68

Pertemuan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dinilai memiliki misi tersendiri. Misi tersebut terkait upaya menduetkan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Mungkin saja pertemuan JK dan SBY ingin membicarakan kemungkinan koalisi yang akan dibangun terkait NasDem, PKS, dan Demokrat. Hal ini mungkin bisa saja ingin mencapreskan Anies dan cawapreskan AHY,”” kata Pengamat politi dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin kepada Inilah.com, Kamis (23/6/2022).

Ujang menjelaskan pernyataannya itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, JK selama ini diketahui sebagai mentor politik Anies Baswedan. Sedangkan SBY merupakan mentor politik AHY. SBY dan JK pernah bahu membahu memimpin Indonesia sebagai Presiden-Wakil Presiden periode 2004-2009.

Baca juga
Ibas Pulang Kampung ke Pacitan Bersama SBY dan AHY, Bagikan 600 Paket Sembako ke Warga

Terlebih, lanjut Ujang, Anies menempati urutan pertama nama bakal capres Partai NasDem sesuai hasil Rakernas Partai Nasdem pekan lalu. Rakernas turut dihadiri JK.

Sehingga, Ujang menduga, pertemuan SBY dan JK membahas tentang format pencalonan antara Anies dan AHY. Termasuk mematangkan konfigurasi partai pengusungnya.

“Saya rasa hal yang wajar para mentor, tokoh senior untuk utak-atik dukungan. Terutama JK itu mentornya Anies yang mungkin JK ingin melobi SBY agar Anies bisa dicapreskan Demokrat karena sebelumnya Anies masuk dalam radar capres yang diusulkan oleh NasDem,” tegas Ujang.

 

Tinggalkan Komentar