Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

SEA Games 2021: Asnawi Absen, Waktunya Bintang Persija Bungkam Kritikan

Rabu, 18 Mei 2022 - 16:29 WIB
Penulis : Harris Muda
Editor : Ibnu Naufal
Rio Fahmi (Foto ist) - inilah.com
Rio Fahmi (Foto ist)

Bintang Persija Jakarta, Rio Fahmi disebut jadi pilihan utama Shin Tae-yong sebagai starter dalam laga kontra Thailand di semifinal SEA Games 2021 pasca absennya Asnawi Mangkualam.

Asnawi terkena akumulasi kartu kuning dan harus menjalani hukuman tak bisa tampil di partai penentu melawan Thailand pada Kamis (19/5/2022) mendatang.

“Jadi untuk Asnawi tidak bisa dimainkan karena akumulasi kartu kuning,” kata Shin Tae-yong dikutip laman resmi, Rabu (18/5/2022).

Usut punya usut, Bintang Persija Rio Fahmi yang sebelumnya sempat dipercatat tampil di laga pembuka melawan Vietnam, bakal menggantikan posisi Asnawi di sektor sayap kanan pertahanan Garuda.

Hanya saya, penampilan kurang meyakinkan Rio kala menjalani debut di laga perdana menimbulkan tanda tanya besar. Alhasil usai laga melawan Vietnam, bintang muda Macan Kemayoran itu banjir kritikan, bahkan disebut jadi penyebab kekalahan 3-0 Timnas U-23 atas Vietnam.

Baca juga
The Jak Angel Rindu ke Tribun Dukung Persija

Dua dari tiga gol yang bersarang ke gawang Garuda berawal dari sektor kanan yang dikawal Rio. Gol pembuka The Golden Star dicetak pada menit ke-53 melalui kaki Nguyen Tien Linh karena kelengahan Rio Fahmi dalam menjaga pergerakan pemain lawan.

Sementara, gol kedua yang dilesatkan Vietnam juga bermula dari kesalahan antisipiasi Rio membiarkan pemain sayap Dung Nhan Manh masuk ke area kotak 12 pas hingga melepas umpan terukur. Walhasil, Dung Do Hung menggandakan keunggulan Vietnam menjadi 2-0 pada menit ke-73.

Kurang tune in nya Rio di armada coach Shin memang jadi problematika di kalangan pecinta sepakbola Timnas Indonesia.

Baca juga
Jelang Indonesia vs Thailand, Dua Pelatih Saling Lempar Pujian

Hanya saja, bintang klub Ibu Kota perlu diberi kesempatan kedua demi menujukkan kualitas dan membungkam kritikan kepadanya saat laga pembuka.

Di tim Persija sendiri, Rio mampu unjuk gigi dengan beberapa kali memaksa eks Juventus Marco Motta duduk di bangku cadangan.

Kendati usianya masih 20 tahun, pelatih Sudirman yang saat itu menukangi Macan Kemayoran mampu memberi kepercayaan penuh kepadanya untuk tampil di beberapa laga penting sebagai starter.

Tercatat, pemain kelahiran Banjarnegara mampu mencatatkan 26 caps dengan torehan sebiji gol dan dua assist selama gelaran Liga 1 musim 2021/2022 bersama Persija.

Rio tak seburuk yang dipikirkan pecinta sepakbola, ia hanya perlu suntikan semangat dan kepercayaan dari pelatih kepala demi tampil maksimal untuk tim yang dibelanya.

Baca juga
Bos Persija Taruh Harapan Tinggi pada 3 Pemainnya di Timnas Indonesia U-23 SEA Games 2021

Rio bersama Timnas Indonesia U-23 bakal merumput di Thien Truong Stadium, Nam Dinh Vietnam guna menantang Thailand di partai semifinal SEA Games 2021, Kamis mendatang. Laga ini bisa disebut sebagai partai ulangan final Piala AFF 2021 saat Indonesia harus puas meraih podium kedua.[inu]

Tinggalkan Komentar