Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Sebut Ekonomi Rusia Terguncang, Biden Tuding Putin Salah Berhitung

Joe Biden Putin - inilah.com
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dengan Presiden Rusia Vladimir Putin - ist

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut ekonomi Rusia terguncang akibat invasi ke Ukraina.

Menurutnya, Presiden Rusia Vladimir Putin salah berhitung mengenai dampak invasi tersebut.

“Ekonomi Rusia (kini) terguncang dan Putin sendirian yang disalahkan. Dia pikir dia bisa begitu saja masuk ke Ukraina dan dunia akan terbalik. Dia malah bertemu dengan dinding kekuatan yang tak pernah dia bayangkan. Dia bertemu rakyat Ukraina,” kata Biden dalam pidato kenegaraan di Kongres AS, Selasa (1/3/2022).

Untuk menunjukkan dukungan kepada Ukraina, First Lady, Jill Biden mengundang Duta Besar Ukraina untuk Amerika Serikat Oksana Markarova ke Kongres. Bahkan mereka datang dalam iring-iringan mobil Biden dari Gedung Putih.

Baca juga
12 Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir

Invasi Rusia di Ukraina telah menguji kemampuan Biden untuk merespons peristiwa dengan cepat tanpa mengirim pasukan Amerika ke medan perang.

Invasi itu juga menguji kepemimpinannya di antara negara-negara Barat selama masa paling tegang dalam hubungan mereka dengan Rusia sejak Perang Dingin berakhir 30 tahun lalu.

Amerika dan sekutunya telah menjatuhkan sanksi ekonomi dan keuangan yang keras pada Rusia, juga pada Putin secara pribadi dan orang-orang di lingkaran oligarkinya.

Biden mengumumkan bahwa AS akan bergabung dengan negara-negara lain yang telah melarang penerbangan Rusia masuk ke wilayah udara mereka.

Tinggalkan Komentar