Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

Sehari Pasca Jokowi Umumkan BBM Naik, Tarif Bus di Madiun Lompat 30 Persen

Rabu, 07 Sep 2022 - 22:15 WIB
Terminalpurboyo - inilah.com
Terminal Purboyo, Kota Madiaun, Jawa Timur.

Pengelola Terminal Purboyo Kota Madiun, Jawa Timur mencatat kenaikan tarif angkutan bus sebesar 20-30 persen. Dampak kenaikan harga BBM pada 3 September 2022.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Purboyo Madiun, Suyatno mengatakan, kenaikan tarif itu berkisar 20 hingga 30 persen. Kenaikan ini diterapkan masing-masing perusahaan otobus (PO), sehari setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM.

“Kenaikan tarif angkutan ini sudah sesuai dengan kesepakatan di antara PO. Hasil pantauan, kenaikan tarif tersebut hampir sama antar-sesama PO,” ujar Suyatno di Madiun, Jawa Timur, Rabu (7/9/2022).

Pihaknya akan melakukan pemantauan guna menghindari PO nakal yang menaikkan tarif bus terlalu tinggi, sehingga memberatkan konsumen.

Baca juga
5 Tahun Tahan BBM, Ekonom: Jokowi Timbun Masalah, Tunggu Meledak

Ia menambahkan, meski ada kenaikan tarif angkutan, jumlah penumpang yang berangkat maupun turun di Terminal Tipe A Purboyo Madiun terpantau normal.

Setiap harinya, jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi bus di terminal setempat masih di sekitaran 4.500-an penumpang, dengan armada masuk maupun keluar sekitar 600 unit.

“Sedangkan di hari libur atau akhir pekan, jumlah penumpang meningkat sekitar 6.000-an orang,” katanya.

Sementara, seorang penumpang bus di Terminal Purboyo Madiun, Endang Sri Sundari membenarkan jika tarif bus yang dikenakan mulai naik, seperti untuk jurusan Madiun-Bogor. Dari Madiun ke Bogor ia harus membayar Rp250 ribu dari tarif sebelumnya Rp230 ribu.

Baca juga
Jokowi Naikkan Harga BBM, Indef: Pemerintah Ingin Selamatkan Proyek Politik

“Semua memang naik. Tapi kalau untuk kemajuan tidak masalah. Pemerintah tentu sudah memperhitungkan itu semua dan memberikan solusinya,” katanya.

Tinggalkan Komentar