Minggu, 25 September 2022
29 Safar 1444

Sekjen PBB: Pelanggaran HAM di Ukraina Meningkat Imbas Invasi Rusia

Senin, 28 Feb 2022 - 23:34 WIB
ukraina Ham

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa eskalasi operasi militer Rusia di Ukraina mengarah pada meningkatnya pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dan bahwa badan dunia itu memantau pelanggaran-pelanggaran itu dengan tim di lapangan.

“Peningkatan operasi militer oleh Federasi Rusia di Ukraina mengarah pada peningkatan pelanggaran hak asasi manusia. Kita harus menunjukkan kepada semua orang di Ukraina bahwa kita mendukung mereka di saat dibutuhkan,” kata Guterres dalam pidato yang direkam pada pembukaan Dewan HAM di Jenewa, Swiss, seperti dilansir Reuters, Senin (28/2/2022).

Guterres menambahkan bahwa sebuah laporan yang akan diterbitkan pada Senin oleh panel PBB tentang adaptasi terhadap perubahan iklim mewakili ‘lonceng kematian lain untuk dunia yang kita kenal’, dan mendesak kepatuhan terhadap kesepakatan Paris 2015.

Sebelumnya Rusia menggunakan hak vetonya terhadap draf resolusi DK PBB tentang kecaman invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga
Rusia Peringatkan Media Lokal dalam Peliputan Perang Ukraina

Rancangan resolusi DK PBB itu menuntut Rusia segera menghentikan penggunaan kekuatannya terhadap Ukraina dan segera, sepenuhnya, dan tanpa syarat menarik pasukan militer dari perbatasan wilayah Ukraina yang diakui internasional.

Tinggalkan Komentar