Sekolah Tatap Muka Masih Terhambat, Ini Penyebabnya

Sekolah Tatap Muka Masih Terhambat, Ini Penyebabnya - inilah.com
foto istimewa

Pemerintah terus mendorong pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di berbagai daerah. Pasalnya, hingga saat ini masih ada sejumlah sekolah yang belum berani menggelar sekolah tatap muka meski wilayahnya sudah masuk kategori PPKM Level 1-3.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjelaskan masih ada hambatan-hambatan di daerah yang menjadi penyebab tidak bisa digelarnya PTM. Salah satunya adalah masih banyaknya tenaga pengajar yang belum divaksinasi Covid-19.

“Belum mendapatkan vaksin itu sehingga menjadi hambatan,” kata Jumeri,  Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek.

Selain vaksinasi yang belum merata di antara para guru atau tenaga pengajar, juga masih banyak sekolah yang belum mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 setempat untuk melaksanakan tatap muka. Sehingga para pelajar dan tenaga pengajar masih melakukan sekolah online atau dalam jaringan (daring).

Baca juga  Cegah Kecelakaan, Polri Ingatkan Masyarakat Patuhi Aturan Lalu Lintas

Sedangkan hambatan bagi pelajar yakni masih banyak pihak orang tua yang khawatir dengan penularan Covid-19. Sehingga belum berani mengizinkan anaknya untuk bertemu teman-teman dan gurunya secara tatap muka di sekolah.

Karena itu Kemendikbudristek berharap kepada pemerintah daerah untuk ikut mendorong terlaksananya PTM terbatas dan memberikan keyakinan kepada masyarakat agar pelaksanaan PTM sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Tinggalkan Komentar