Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Sektor Properti dan Jasa Konstruksi Menggeliat Seiring Terkendalinya COVID-19

Kamis, 21 Jul 2022 - 22:23 WIB
Sektor Properti dan Jasa Konstruksi Menggeliat Seiring COVID-19
Sektor properti dan jasa konstruksi diprediksi moncer. (Sumber: Media Indonesia).

Seiring landainya pandemi COVID-19, bisnis properti diprediksi pulih cepat. Termasuk jasa konstruksi bakalan tumbuh subur seiring kesadaran masyarakat mendapatkan hunian sesuai keinginan.

Director Research & Consultancy Savills Indonesia, Anton Sitorus bilang, situasi pandemi membuat sektor rumah tapak atau landed housing, menjadi pemimpin dibandingkan sektor lainnya.

“Kondisi ini didorong oleh tingginya permintaan yang selama ini terpendam dan realisasi saat situasi pandemi sehingga membuat penyerapan yang terus menguat khususnya di wilayah Jabodetabek,” kata Anton, Jakarta, Kamis (21/7/2022)

Apalagi saat ini ada peningkatan aktivitas bisnis yang didukung oleh berbagai upaya pemerintah khususnya terkait penanganan pandemi yang berdampak terus membaiknya sektor bisnis termasuk sektor properti.

General Manager 888Living.id, Dandun Rahadi bilang, masyarakat perlu jeli dalam memilih jasa konstruksi ketika akan membangun rumah. Agar produk akhirnya bisa sesuai harapan, termasuk kemampuan finansia.

Baca juga
Berantas Kemiskinan Ekstrem, KemenPUPR Salurkan PKT dan Perumahan di 212 Daerah

“Tujuannya memudahkan proses perencanaan proyek rumah yang diinginkan ke depannya. Kontraktor yang andal akan memberikan masukan yang besar terhadap keberhasilan dan kesuksesan proyek yang akan dijalankan,” kata Dandun, Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Dia bilang, bangunan yang menggunakan jasa konstruksi, jelas lebih unggul. Karena, proses pembuatannya melibatkan para ahli serta tenaga berpengalaman yang tidak dimiliki semua orang. Terkadang. konsumen kesulitan untuk menyampaikan keinginannya kepada tukang.

“Pertimbangan pertama, konstruktor memiliki skill yang sudah ada dalam dirinya. Selanjutnya, pihak jasa tersebut bisa menyelesaikan pengerjaan rumah atau bangunan, tepat waktu. Sehingga bisa menghemat biaya tukang,” jelas Dandun.

Baca juga
Stimulus Pemerintah Terbukti Putar Roda Ekonomi di Sektor Properti

Keunggulan lain ialah dengan kualitas hasil bangunan yang tidak diragukan dan sesuai dengan impian. Sejak konsep, konsumen perlu bertanya secara rinci kepada pihak jasa dan diskusikan secara matang.

“Dalam memilih jasa konstruksi yang profesional, Anda bisa percayakan kepada 888Living.id yang sudah terbukti berpengalaman dalam hal konstruksi,” ungkapnya.

Direktur Finance BTN, Nofry Rony Poetra mengatakan peningkatan harga rumah pada era boom commodity juga terpantau dari pertumbuhan indeks saham properti. “Pergerakan positif sektor perumahan termasuk saham properti ini menjadi peluang bagi kami untuk menghimpun dana murah dari pasar modal guna menggarap peluang besar dari sektor perumahan,” ujar Nofry.

Baca juga
Bank BTN Pede Capai Target Bisnis di Tengah Gejolak Ekonomi

Nofry menjelaskan, sektor perumahan juga dapat menjadi mesin untuk menjaga kelangsungan dampak ekonomi dari kenaikan harga komoditas. Sebab aliran capital inflow ke sektor perumahan dapat berdampak ganda bagi 174 sub-sektor lainnya. “Selain itu, sektor perumahan juga menggunakan 90 persen bahan baku lokal sehingga dapat mendongkrak ekonomi dalam negeri,” ucapnya.

Tinggalkan Komentar