Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Selain Hukuman Kebiri, KPAI Sarankan Predator Herry Dipasangi Chip

Senin, 13 Des 2021 - 16:38 WIB
Penulis : Fadly Zikry
KPAI Retno - inilah.com
Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam diskusi 4 Pilar MPR

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendukung hukuman kebiri untuk Herry Wirawan, predator kekerasan seksual terhadap santriwati di Bandung, Jawa Barat.

“Kebiri kimia belum dilakukan di Indonesia, vonis kebiri sudah ada, tetapi yang dieksekusi belum ada karena harus mengikuti hukuman pokok dulu,” kata Komisioner KPAI Retno Listyarti di Gedung DPR, Senayan, Senin (13/12/2021).

Retno menambahkan, jika hukuman kebiri tidak bisa diterapkan kepada predator Herry, maka dapat diberikan pendampingan rehabilitasi dengan psikolog agar tidak mengulangi perbuatan tersebut.

“Kalau libido-nya hormon tinggi, disuntikkan kebiri kimia tentu berpengaruh. Kalau bukan libido, berarti harus ada rehabilitasi psikoligis sehingga pelaku tidak mengulangi lagi perbuatannya,” ujar Retno.

Bahkan jika memungkinkan, hukuman tambahan bagi predator seksual itu dipasangi alat chip.

Baca juga
PT HDI Setop Bantuan ke SMA SPI yang Didirikan Predator Seks, Julianto Eka

“Ada beberapa pilihan ditambah hukumannya, misal dipasang chip atau gelang, kemana-mana dideteksi. Kalau di Eropa dites dulu, walau hukuman pidana selesai, tapi secara psikologis belum layak, gak akan dilepas oleh negara, karena dianggap masih membahayakan orang lain,” tandas Retno.

Tinggalkan Komentar