Jumat, 27 Mei 2022
26 Syawal 1443

Selama Lebaran, Angka Kriminalitas di Jateng Meningkat Tajam

Selama Lebaran, Angka Kriminalitas di Jateng Meningkat Tajam
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi Saat Memimpin Evaluasi (Ist.)

Selama lebaran tahun ini, angka kriminalitas di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) meningkat tajam berdasarkan catatan kepolisian.

“Angka kejahatan naik 295 persen,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam siaran pers evaluasi pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022 di Semarang, Selasa (10/5/2022).

Meski meningkat, jumlah tersebut sesuai dengan prediksi dari Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Khusus Polda Jateng.

“Hal ini sudah diprediksi bahwa kebutuhan masyarakat meningkat sehingga angka kejahatan juga meningkat,” ujarnya.

Meski begitu, Ahmad menilai tak terdapat kasus kejahatan yang menonjol di wilayah Polda Jateng serta penanganan berbagai kasus yang terjadi dapat diselesaikan.

Baca juga
Berkat Bea Cukai, Jutaan Rokok Ilegal Gagal Beredar di Jateng dan Jatim

Sementara berkaitan dengan arus mudik Lebaran tahun ini, kata dia, tercatat 753.345 kendaraan masuk ke Jateng selama kurun waktu 2 pekan terakhir ini.

Adapun kendaraan yang meninggalkan Jawa Tengah saat arus balik tercatat sebanyak 784.663 kendaraan. Pada Lebaran tahun ini, kata dia, masa arus balik lebih panjang di banding periode arus balik.

Setelah Operasi Ketupat Candi dilaksanakan, Polda Jawa Tengah rencananya akan menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) selama satu minggu ke depan.

“Dari seluruh jajaran akan dilakukan evaluasi, mana saja pospam yang akan dipertahankan dan mana saja pospam yang kita selesaikan, KKYD berorientasi tetap pada arus balik,” ujar dia.

Baca juga
Hadiri Sidang Tipikor Besok, Mardani H Maming 'Ditemenin' Seribu Banser

Pospam yang akan dipertahankan misalnya adalah Pospam di tempat pariwisata dan pospam di rest area untuk meng-cover kegiatan masyarakat.

Kapolda menerangkan bahwa setelah pelaksanaan 2022 Polda Jateng telah melaksanakan swab pada 1.300 anggota dan hasilnya negatif.

Sementara, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan seluruh kegiatan Operasi ketupat Candi telah dilaksanakan dengan tertib.

“Alhamdulillah rekan-rekan seluruh rangkaian kegiatan Operasi Ketupat dapat berjalan dengan lancar dan tertib sekalipun memang ada kondisi yang mewarnai pelaksanaannya, itu untuk kita jadikan pembelajaran,” katanya.

 

Tinggalkan Komentar