Senin, 08 Agustus 2022
10 Muharram 1444

Selama Pandemi, Bali International Flight Academy (BIFA) Rekrut 108 Pilot Baru

Jumat, 26 Nov 2021 - 04:33 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
- inilah.com

Di saat industri aviasi mengalami penurunan di tahun kedua masa pandemi ini, Sekolah Terbang Nasional Indonesia dengan nama Bali International Flight Academy (Bifa) tetap semangat dalam memproduksi jumlah pilot Nasional. Kali ini BFA mengumumkan kelulusan 108 Pilot dengan Lisensi Commercial Pilot with Multi Engine license dari 8 batch Sekolah Pendidikan mereka.

Bifa yang berdiri sejak tahun 2009 telah meluluskan lebih dari 1.000 pilot dan menjadi sekolah pilot swasta terbesar di Indonesia.

Meskipun sempat vakum selama 3 (tiga) bulan di awal pandemi dengan kondisi para kadet kembali ke rumah masing-masing, pada akhirnya BIFA berhasil menjalankan operasional dengan menerapkan protokol ketat dan menjaga kualitas pelatihan standar tinggi.

Baca juga
Harga Avtur dan Dolar AS Naik Tinggi, Bisnis Airlines di Ujung Tanduk

“Industri penerbangan terkait erat dengan pertumbuhan ekonomi yang juga sangat rentan akan faktor lingkungan seperti peperangan, terorisme, bencana alam, hingga pandemi. Pandemi Covid 19 memang sangat memukul industri penerbangan global dan nasional, namun keterkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi nasional maupun global secara otomatis akan membangkitkan dan memulihkan industri aviasi nasional,” ujar I Gusti Wiradharma B. Oka, CEO Bali International Flight Academy (BIFA) dalam siaran pers, Kamis (25/11).

Wiradharma berharap alumnus BIFA sebagai penerbang dengan standar internasional diharapkan mampu berperan positif dalam membangun kekuatan dirgantara nasional.

Pendidikan terintegrasi BIFA dikelola melalui serangkaian aktivitas belajar mengajar dan pelatihan berskala internasional yang memiliki tiga program kekhususan. Diawali dengan Private Pilot License (PPL), merupakan sertifikasi pilot penerbangan pribadi sebagai tanda bahwa wisudawan program ini telah siap secara profesional sebagai pilot penerbangan pribadi.

Program PPL memiliki durasi 14-16 minggu pendidikan dan pelatihan terbang yang terintegrasi sesuai standar Directorate General of Civil Aviation (DCGA) yaitu standar yang diaplikasikan pada implementasi, pengontrolan, dan pengawasan operasional penerbangan.

Baca juga
Sandiaga Uno: Tiga Maskapai Asing Akan Terbang ke Bali pada Maret 2022

“Usaha penerbangan tidak akan punah, melainkan akan terus berkembang sepanjang masa dan akan tetap memerlukan pilot-pilot yang andal,” ujar Tience Sumartini, Presiden Komisaris Bali International Flight Academy (Bifa) menambahkan.

Tinggalkan Komentar