Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Selamat Tinggal Turki, Erdogan Ubah Nama Negara Menjadi “Turkiye”

Kamis, 20 Jan 2022 - 05:07 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Turkiye - inilah.com
Istockphoto

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merilis sebuah pernyataan awal bulan ini yang mengumumkan bahwa ia akan mengubah nama Turki menjadi “Turkiye.”

Menurut Erdogan, Türkiye adalah representasi dari budaya, peradaban, dan nilai-nilai rakyat Turki.

“Kata ‘Turkiye’ mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban dan nilai-nilai bangsa Turki dengan cara terbaik,” bunyi pernyataan itu melansir greekreporter.

Pemerintah akan mendaftarkan perubahan nama itu ke PBB dalam beberapa pekan mendatang.

Pemerintah dapat mengubah nama dengan pemberitahuan sederhana ke PBB tetapi huruf Ü, yang tidak ada dalam alfabet Latin, bisa menjadi masalah. Seorang pejabat senior Turki mengatakan, mereka belum membahas masalah tersebut dengan PBB, tetapi dia berharap dapat segera menemukan solusi. Beberapa pengamat mengatakan salah satu solusi tersebut yaitu menggunakan “U” bukan “Ü” dalam nama baru.

Baca juga
Baru Setahun jadi Menteri Jokowi, Yaqut Sudah 5 Kali Bikin Gaduh

“Waktu yang tepat untuk perubahan nama masih dalam pertimbangan pemerintah. Tapi prosesnya sedang berlangsung,” kata seorang pejabat senior Turki.

Seorang juru bicara PBB mengatakan, Turki telah menghubungi mereka mengenai kemungkinan perubahan nama tersebut. “Misi Permanen Turki telah menghubungi Protokol PBB untuk membicarakan tentang prosedur perubahan nama negara, tetapi kami belum menerima komunikasi resmi apa pun,” kata juru bicara itu.

Tinggalkan Komentar