Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Selidiki Pencemaran Sianida di Sungai Cikaniki, DPR Datangi Antam Malah Diancam Demo

Selidiki Pencemaran Sianida di Sungai Cikaniki, DPR Datangi Antam Malah Diancam Demo

Rencana kunjungan kerja spesifik Komisi VII DPR ke Unit Bisnis Penambangan Emas (UBPE) PT Aneka Tambang (Antam) Pongkor, Kabupaten Bogor, bakal disambut demo. Padahal, rencana kunjungan ini untuk mengusut pencemaran sianida di Sungai Cikaniki yang tak jauh dari Antam.

Awalnya, rencana aksi demo saat kunjungan spesifik Komisi VII DPR, bocor lewat tersebarnya voice note di media sosial. Isinya ajakan aksi unjuk rasa. Kedatangan Komisi VII ke Antam menindaklanjuti laporan masyarakat. Terkait pencemaran sianida di Sungai Cikaniki pada 2 Februari 2022.

Akibat pencemaran ini, ribuan ikan mati. Dikhawatirkan, pencemaran sianida di Sungai Cikaniki ini bisa membahayakan nyawa manusia yang hidup dekat sungai. Rencananya, kunjungan spesifik dilaksanakan besok (Jumat, 11/2/2022).

Baca juga
Isu SARA dan Caleg Gagal Kotori Direksi Antam, Pengamat Bilang Begini

Dalam voice note tersebut, selain menyebutkan kegiatan demo dimulai pukul 06.00 WIB juga berisi agitasi ke sejumlah pihak agar bersiap-siap menyambut kedatangan para Anggota Komisi VII DPR.

Menanggapi informasi ini, Anggota Komisi VII dari Fraksi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu santai saja. Maklumlah, aktivis 98 yang sekarang sukses menjadi politisi daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Bogor ini, menilai demonstrasi adalah hal yang lumrah. Hanya saja, isunya haruslah senafas dengan kepentingan rakyat.

Dia menjelaskan, tujuan kunjungan kerja spesifik ini, dalam rangka menindaklanjuti laporan masyarakat. Terkait itu tadi, pencemaran sianida di Sungai Cikaniki. Di mana, sianida adalah zat kimia yang akrab dengan industri tambang emas.

Baca juga
Alasan Empat Eks Kader PDIP Gugat Megawati dan Isi Gugatannya

Konkritnya, lanjut vokalis Komisi VII ini, DPR ingin memeriksa sejauhmana keterlibatan PT Aneka Tambang (persero) Tbk, dalam pencemaran sianida. Dalam hal ini, tugas pokok DPR adalah mengawasi. “Lho, kita kan mau kunker spesifik dalam konteks pengawasan Antam UPBE Pongkor, terkait limbah sianida,” jelasnya.

Ia justru heran ketika ada rencana demonstrasi terkait hal tersebut, dan mempertanyakan motif dan penggerak aksi demonstrasi itu. “Kalau yang mau kita “periksa” Antam, lalu yang mau demo siapa? Orang orang Antam yang mau Demo? Disuruh siapa, siapa petinggi Antam yang menyuruh? Kalau benar, saya heran kok bisa BUMN kerahkan orang untuk Demo DPR RI? Kalau besok benar ada Demo ya lucu saja” tandas Adian.

Baca juga
Arab Saudi Mulai Copot Tanda Pembatas untuk Jaga Jarak, Shaf Salat Kembali Rapat

Wakil Ketua Komisi VII asal PAN, Eddy Suparno yang juga menjadi ketua tim, menerangkan hal senada. “Ini adalah kunjungan resmi Komisi VII. Sudah kita sampaikan kepada direksi PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Akan hadir direksi dan dirjen minerba, terkait pencemaran sianida Sungai Cikaniki. Dan hal-hal lain terkait operasi kegiatan Antam,” papar Eddy.

 

Tinggalkan Komentar