Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Sembako Tersedia, Harga Minyak Goreng Jinak

Senin, 25 Jul 2022 - 12:41 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Sembako Tersedia, Harga Minyak Goreng Jinak - inilah.com
Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebutkan pasokan sembilan bahan pokok alias sembako dalam kondisi aman. Sementara harga minyak goreng ia mengakui sulit dikendalikan namun saat ini sudah jinak.

Zuhas, sapaan akrabnya, mengungkapkan hal itu saat mengecek ketersediaan bahan pokok di Pasar Cicalengka, Bandung, Senin (25/7/2022). Ia bahkan mengaku saat ini telah mengendalikan harga migor.

“Sembako tersedia. Harganya hampir sulit dikendalikan minyak goreng, tapi sudah jinak,” katanya saat blusukan di Pasar Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Zulhas tiba di Pasar Cicalengka pada pukul 07.00 WIB. Kemudian langsung disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bandung Marlan.

Baca juga
Mendag Zulhas dan Peluang Menata Ulang Perdagangan Miras

Zulhas langsung meninjau harga bahan pokok di beberapa kios di pasar tersebut. Terlihat para pedagang dengan antusias menanti kehadiran Mendag di kiosnya.

Bahkan Zulhas pun tak segan-segan untuk memborong bahan-bahan pokok. Beberapa pembeli yang ada di sekitar di traktir sejumlah bahan pokok, seperti, cabai, bawang, telur hingga daging ayam.

“Sekarang yang saya lihat tadi, minyak curah sudah di bawah Rp 14 ribu harganya per liter, berarti harganya rata-rata Rp 13.500 sekarang, artinya minyak curah di mana-mana sudah Rp 14 ribu, sudah banyak,” ujar Zulhas, kepada wartawan.

Dia menjelaskan harga bahan yang sempat naik telah mengalami penurunan. Menurutnya, penurunan tersebut nilainya bervariatif.

Baca juga
Pengusaha India Ajak Zulhas Promosikan CPO sebagai Nabati Sehat dan Aman

“Harga-harga juga sudah turun, jadi kita syukuri lah itu,” tuturnya.

“Harga bawang merah sekarang turun jadi Rp 40 ribu per kilo, asalnya Rp 80 ribu per kilo. Kalau cabai sekarang udah Rp 80 ribu per kilo, asalnya Rp 120 per kilo. Ayam asalnya Rp 52 ribu per kilo, sekarang jadi Rp 38 ribu per kilo,” pungkas Zulhas.

Tinggalkan Komentar