Sempat Bersitegang, Youtube Kembali Tayangkan Konten Disney

Disney Foto Getty Images - inilah.com
Disney Foto Getty Images

YouTube kembali membuka akses menghadirkan tayangan- tayangan dari Disney channel setelah sebelumnya sempat menghilangkan konten- konten tersebut akibat masalah kesepakatan distribusi.

Kembalinya konten- konten Disney di layanan YouTube rupanya telah diselesaikan oleh kedua belah pihak lewat sebuah kesepakatan.

“Kami telah mencapai kesepakatan dengan Disney dan telah mengembalikan akses konten seperti konten ESPN dan juga FX,” cuit YouTube seperti dikutip dari Reuters, Senin (20/12).

Sebenarnya masalah distribusi itu telah diungkap oleh anak perusahaan Google itu sejak beberapa minggu lalu.

YouTube menyebutkan hanya ingin memperbarui kerjasamanya dengan Disney jika perusahaan itu memberikan persyaratan yang adil.

Baca juga  Honda SUV RS Concept, Tawarkan Karakter Lebih Sporty untuk Sebuah SUV

Hal itu bersamaan dengan pengumuman pemotongan harga langganan yang sebelumnya berkisar 64,99 dolar AS menjadi 49,99 dolar AS.

Namun dengan kembalinya kerjasama yang terjalin antara Disney dan YouTube maka harga langganan kembali naik menjadi 64,99 dolar AS.

Tetapi pelanggan yang telah berlangganan dengan harga 49,99 dolar AS sebelumnya tetap bisa mengakses layanan dan selanjutnya akan dikenakan tarif 64,99 dolar AS.

“Kami menghargai kolaborasi Google untuk mencapai persyaratan yang adil yang konsisten dengan pasar,” kata Disney menanggapi kabar kerjasamanya dan Google yang kembali terjalin.

YouTube awal Desember 2021 juga telah membuat perjanjian multi-tahun dengan platform streaming Roku Inc untuk mendistribusikan aplikasi dan layanan TV unggulan YouTube, mengakhiri persaingan selama berbulan-bulan atas rumor perilaku anti-persaingan.

Baca juga  BMW Berencana Kurangi Emisi Karbon Hingga 40 Persen pada 2030

Disi lain peran YouTube di Indonesia sebagai sarana publikasi konten video terus meningkat. Jumlah jam konten yang diunggah dari Indonesia meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun.

Menurut hasil riset, 92 persen pengguna Indonesia menyatakan YouTube adalah tujuan pertama mereka ketika mencari konten video. Secara umum, pengguna Indonesia berpendapat bahwa YouTube memudahkan mereka dalam mencari konten yang menarik dengan topik yang beragam.

Tinggalkan Komentar