Rabu, 06 Juli 2022
07 Dzul Hijjah 1443

Sempat ‘Hilang’, Bintang Tenis China Peng Shuai Muncul Lagi

Selasa, 23 Nov 2021 - 01:03 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
257857474 979186809302221 5958626113711841359 N - inilah.com
Bintang Tenis China Peng Shuai

Sempat dikabarkan hilang usai membuat pengakuan mengejutkan, bintang tenis China Peng Shuai akhirnya muncul kembali.

Peng diketahui melakukan panggilan video dengan presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Minggu (21/11/2021). IOC menyatakan dia mengaku dalam kondisi baik-baik saja usai menghilang secara tiba-tiba dari publik.

Foto dan video Peng dalam sebuah turnamen di Beijing sempat muncul di hari yang sama. Namun, hal itu tak begitu meredakan kekhawatiran dunia terhadap petenis yang mendadak raib selama hampir tiga pekan setelah menuduh seorang mantan pejabat senior China melakukan serangan seksual kepadanya.

IOC mengatakan bahwa pada awal video call selama 30 menit dengan Thomas Bach, Peng berterima kasih kepada IOC atas perhatiannya atas keselamatan dia.

Baca juga
Salju Longsor di Pegunungan Italia Tewaskan Enam Orang

“Dia menjelaskan bahwa dia aman dan sehat, tinggal di rumahnya di Beijing, tetapi ingin privasinya dihormati saat ini,” kata IOC seperti dikutip Reuters.

“Itulah sebabnya dia lebih suka menghabiskan waktunya bersama teman dan keluarga sekarang. Meski begitu, dia akan terus terlibat dalam tenis, olahraga yang sangat dia cintai,” kata IOC.

Pada 2 November, Peng memposting pengakuan di media sosial Tiongkok bahwa mantan Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli telah menyerangnya secara seksual beberapa tahun lalu.

Baik Zhang maupun pemerintah Cina tidak mengomentari tuduhan ini. Postingan media sosial Peng segera dihapus dan topik tersebut diblokir dari diskusi di internet Cina yang memang amat disensor.

Setelah ceritanya heboh di luar China, Peng ‘hilang’ dari sorotan media.

Baca juga
Media Prodemokrasi Hong Kong Ditutup Paksa, Pengelolanya Ditangkap

Tak ada kabar dari Peng usai membuat pengakuan membuat dunia meradang.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian sebelumnya telah meminta pihak berwenang China untuk memberikan lebih banyak jaminan. Dia menggemakan pernyataan Asosiasi Tenis Wanita bahwa gambar Peng di turnamen itu tidak cukup.

“Saya hanya mengharapkan satu hal: dia berbicara,” kata Le Drian menegaskan mungkin ada konsekuensi diplomatik yang tidak ditentukan jika China tidak menjernihkan situasi.

Amerika Serikat dan Inggris juga telah meminta China untuk memberikan bukti keberadaan Peng. Pemain dan mantan petenis dari Naomi Osaka, Serena Williams, hingga Billie Jean King telah bergabung dalam panggilan telepon untuk memastikan dia aman.

Para tokoh tenis dunia menggunakan tagar media sosial #WhereIsPengShuai?. Petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic mengatakan akan aneh mengadakan turnamen di China kecuali situasi mengerikan diselesaikan.

Baca juga
Kemenangan Emosional Ginting di Perempat Final Thomas Cup

Asosiasi Tenis Wanita (WTA), yang mengancam akan membatalkan turnamen tenis di Cina, mengatakan foto dan video itu “tidak cukup” dan tidak menghilangkan kekhawatiran WTA.

Tinggalkan Komentar

×