Selasa, 07 Februari 2023
16 Rajab 1444

Sempat Mangkrak Karena Kurang Modal, DPR Minta HK Kebut Tol Trans Sumatra

Rabu, 16 Nov 2022 - 14:01 WIB
Jalan Tol Trans Sumatra.

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade mendukung PT Hutama Karya (Persero/HK) untuk kebut penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang sempat tertunda.

Andre menyebut, sudah menjadi komitmen pemerintah untuk mendorong pengembangan infrastruktur demi memajukan perekonomian di Pulau Sumatra.
“Soal tol Trans Sumatra ini tentu harus kita dukung ya, ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk membangun pulau Sumatra, membangun infrastruktur pulau Sumatra, yang diharapkan akan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di pulau Sumatra,” tegas Andre di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/11/2022).

Ia juga menyinggung meski memiliki nilai ekonomis rendah di awal pembangunan, Komisi VI DPR tetap mengapresiasi Hutama Karya. “Makanya akhirnya pemerintah menugaskan Hutama Karya untuk bertugas dan kami di Komisi VI mengapresiasi meskipun ini berat bagi Hutama Karya. Tapi Hutama Karya, BUMN Karya kita menunjukkan komitmen untuk bekerja keras, mewujudkan penugasan dari pemerintah ini,” terangnya.

Baca juga
Waketum MUI Sayangkan DPR Tak Lagi Bekerja Bersama Rakyat

Politisi asal Sumatra Barat ini, berharap, Tol Trans Sumatra bisa segera rampung dan diresmikan pada 2024. “Untuk itu, kami sebagai anggota DPR sudah mendorong, mendorong, mendorong, alhamdulillah sekarang sudah mulai kembali dibangun, dan diharapkan 2024 ini bisa diresmikan oleh Presiden Jokowi,” jelasnya.

Direktur Utama Hutama, Karya Budi Harto berjanji akan memanfaatkan program Penyertaan Modal Negara (PMN) Tunai 2022, untuk sektor produktif. “Rapat dengan Komisi VI hari ini adalah pendalaman tentang penerimaan PMN tahun 2022 pada Hutama Karya, ada dua tahap, yaitu tahap pertama sebesar Rp23,5 triliun) dan tahap kedua adalah Rp7,5 triliun. Jadi semua penerimaan PMN ini akan digunakan untuk meneruskan pembangunan ruas-ruas jalan tol di Sumatra,” terang Budi.

Baca juga
Data Bocor Berkali-kali, PKS Desak Audit Keamanan Siber Seluruh K/L

Budi menyinggung, saat ini, panjang tol Trans Sumatra yang sudah dibangun Hutama Karya mencapai 1.100 kilometer. “Jalan tol yang sedang dibangun Hutama Karya mencapai 1.100 kilometer. Nanti bertambah 300 kilometer yakni Betung sampai Jambi dan lingkar Pekanbaru,” jelasnya.

Tinggalkan Komentar