Sabtu, 21 Mei 2022
20 Syawal 1443

Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Sukses Libas Timor Leste 4-1

Img 20220127 Wa0038 2 - inilah.com
Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Sukses Libas Timor Leste 4-1

Sempat tertinggal, Tim nasional Indonesia akhirnya berhasil melibas Timor Leste dengan skor meyakinkan 4-1 pada laga persahabatan internasional FIFA.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam, skuad Garuda tertinggal terlebih dulu setelah penyerang Timor Leste Paulo Freitas melesakkan gol pada babak pertama.

Indonesia lalu membalas dan akhirnya unggul berkat sumbangan gol Ricky Kambuaya, Pratama Arhan (penalti) dan bunuh diri dua pemain Timor Leste yakni Georgino Da Silva serta Filomeno Junior.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menurunkan pemain yang mayoritas jebolan Piala AFF 2020 sejak menit awal seperti Evan Dimas, Fachruddin Aryanto, Dedik Setiawan, Rachmat Irianto dan Irfan Jaya.

Baca juga
Pengungsi di Pronojiwo Butuh Selimut dan Alas Tidur

Percobaan penyerang Dedik Setiawan sempat mengenai tiang gawang pada menit ke-22. Namun, sembilan menit kemudian, Timor Leste yang justru mampu membuka skor.

Pergerakan Paulo Freitas dari sisi kanan tak mampu diantisipasi oleh bek Indonesia. Paulo memenangkan duel dan menjebol gawang yang dikawal Syahrul Fadillah.

Timor Leste bahkan memiliki kesempatan menambah keunggulan melalui tendangan penalti pada menit ke-45+1. Akan tetapi, eksekusi Mouzinho mampu ditepis Syahrul. Skor 1-0 pun bertahan sampai laga memasuki turun minum.

Usai jeda, Shin Tae-yong memasukkan beberapa pemain cadangan termasuk Pratama Arhan, Ronaldo Joybera Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Baca juga
Balas Budi Ridwan Kamil ke Golkar, Dukung Airlangga jadi Capres

Pergantian tersebut membuahkan hasil manis. Pada menit ke-65, Ronaldo Kwateh mengirimkan assist untuk diubah menjadi gol melalui tendangan kaki kiri Ricky Kambuaya.

Imbang 1-1, Indonesia meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya, bek Timor Leste yang panik menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak terlarang. Pratama Arhan maju sebagai algojo dan membawa Indonesia berbalik unggul 2-1 pada menit ke-73.

Empat menit kemudian, lemparan ke dalam jarak jauh Arhan tak sengaja diarahkan ke dalam gawang sendiri oleh kiper Timor Leste Georgino Da Silva. Indonesia semakin jauh, 3-1.

Timnas Indonesia yang semakin percaya diri akhirnya menutup laga dengan kemenangan 4-1, lagi-lagi karena bunuh diri pemain lawan. Kali ini, bek sekaligus kapten Timor Leste Filomeno Junior yang melakukannya.

Baca juga
Digenjot Latihan Jelang SEA Games, Zohri Tak Bisa Mudik Lebaran

Indonesia dan Timor Leste dijadwalkan dua kali bersua pada laga persahabatan di Bali. Laga berikutnya digelar pada Minggu (30/1) juga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Tinggalkan Komentar