Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Sempat Tertunda Pandemi, Megabuild Indonesia Kembali Hadir Pamerkan Inovasi Konstruksi

Kamis, 09 Jun 2022 - 20:10 WIB
Sempat Tertunda Pandemi, Megabuild Indonesia Kembali Hadir Pamerkan Inovasi Konstruksi
Konferensi pers Megabuild Indonesia 2022/ Foto: Dok Pribadi

Pameran bahan bangunan, arsitektur, desain interior dan konstruksi, Megabuild Indonesia kembali digelar, setelah sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

Pameran edisi ke-19 berlangsung pada 16-19 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Penyelenggara menggratiskan bagi pengunjung yang datang. “Kehadiran Megabuild Indonesia 2022 dapat memanfaatkan prospek cerah momentum pertumbuhan industri bangunan dan konstruksi Indonesia yang kembali menggeliat,” uajar President Director, Panorama Media, Royanto Handaya dalam keterangan, Kamis (9/6/2022).

Dia mengatakan, inovasi dan teknologi konstruksi sudah semakin berkembang terutama pada masa pandemi. Perubahan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini.

Ada beberapa contoh yang bisa masyarakat terapkan dalam proses kondtruksi seperti dimensi CHSE. Konsep ini meliputi pemilihan bahan bangunan dan desain bangunan, pandangan mengenai teknologi hijau, penggunaan teknologi yang sudah memasuki ranah fungsional, atau smart city.

Dengan perkembangan tersebut medorong panitia untuk menyelenggarakan kembali Megabuild Indonesia 2022 dengan mengusung tema ‘Inspiring The Future’. Melalui acara ini, pengunjung bisa mendapatkan inspirasi tren, inovasi, teknologi dan produk terbaik di industri desain, arsitektur dan bahan bangunan.

Baca juga
GAIKINDO: Industri Otomotif Bertahan di Tengah Pandemi Berkat Dukungan Pemerintah

Dalam acara ini, Panorama Media menggandeng Gapensi (Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia), HDII (Himpunan Designer Interior Indonesia), IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) dan berbagai asosiasi terkait lainnnya, seperti asosiasi konsultan, developer, kontraktor, desain, lanskap dan lain sebagainya.

Megabuild Indonesia 2022 akan menghadirkan berbagai program yaitu BizMatch (Business Matching Meeting), Meet Brand’s Owners, Youth Interior Designers Award 2022, Architecture Gallery & Installation, beragam seminar dan konferensi dengan tema-tema yang sangat menarik bagi pelaku industri, professional, atau masyarakat umum, dan tentunya special offer dari para tenant yang bergabung.

Berbagai topik yang hadir dalam panggung acara seperti seminar New Trend Lighting System After Pandemic, Pembangunan Konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) Mengusung Proyek Yang Berbasiskan Smart City & Sustainable Development. Selain itu ada Bedah Proyek Property Yang Tetap Laju di Indonesia, Sertifikasi Jasa Konstruksi, Interior Design Food & Beverage hingga Youth Interior Design Award 2022 dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga
Wuling Experience Weekend, Ajak Masyarakat Rasakan Inovasi Berkendara

Sekjen Badan Pengurus Pusat Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (GAPENSI) H. Andi Rukman N. Karumpa mengatakan, dalam pekerjaan di bidang konstruksi selalu mencari inovasi dan teknologi yang dapat menghasilkan rancang bangunan yang akurat, optimal dan aman.

“Setiap pembangunan proyek selain dibutuhkan para tenaga ahli yang berpengalaman tentunya juga memerlukan teknologi baru yang efisien, ekonomis, dan ramah lingkungan sehingga mampu mempercepat proses pembangunan sebuah proyek sesuai dengan rencana yang diinginkan,” ungkap Andi.

Senada dengan itu, Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Indonesia, Rohadi, HDII menambahkan, interior desain selalu berkembang sesuai dengan inovasi yang ada, menggabungkan gaya pemilik rumah namun tetap mengutamakan estetika.

Baca juga
IMOS Kembali Hadir November 2022

Dia menyebut gaya industrial yang minimalis dan kontemporer menjadi tren pada tahun 2018. Selain itu tren lain yang berkembang seperti gaya interior Maroko, serta penggunaan pola tertentu seperti shabby chic diminati pada tahun tersebut.

“Melalui Megabuild Indonesia 2022 kami dari Himpunan Desainer Interior Indonesia akan menghadirkan beragam seminar yang dapat diikuti oleh para pelaku industri,mulai dari developer, arsitek, hingga para desainer interior hingga mahasiswa. Dan tentunya akan diadakan Youth Interior Designer Award 2022 yang khusus dihadirkan di Megabuild Indonesia 2022,” imbuhnya. [ipe]

Tinggalkan Komentar