Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Sepak Bola ‘Gajah’ Terparah, Skornya 59-1 Terjadi di Afrika

Kamis, 09 Jun 2022 - 16:16 WIB
Sepak Bola 'Gajah' Terparah, Skor 59-1 Terjadi di Afrika Selatan
Sepak Bola 'Gajah' Terparah, Skor 59-1 Terjadi di Afrika Selatan

Sepak bola ‘gajah’ di Afrika Selatan bikin melongo, skor akhir pertandingannya 59-1, dan 41 gol diantaranya tercipta karena bunuh diri!

Cerita sepak bola ‘gajah’ ini dilakoni klub divisi tiga Afrika Selatan, Matiyasi FC dan Nsami Mighty Birds. Matiyasi FC yang butuh keajaiban untuk promosi ke divisi dua ABC Motsepe League, harus mencetak setidaknya 18 gol demi bisa merangsek ke peringkat ke-2 klasemen akhir dan naik kasta liga di musim selanjutnya.

Namun yang terjadi melebihi ekspetasi, Matiyasi FC mampu mencetak 59 gol melawan Nsami. Hasil itu sukses membuat Matiyasi FC menempati peringkat kedua, dan siap-siap promosi ke kasta lebih tinggi.

Baca juga
Hyundai Serahkan Palisade dan Staria ke Pelatih Shin Tae-yong

Namun alih-alih naik divisi, Matiyasi FC diganjar hukuman oleh PSSI-nya Afrika. Tak butuh penyelidikan mendalam untuk menyimpulkan adanya match fixing dalam pertandingan tersebut. Matiyasi FC dan Nsami dilarang tampil seumur hidup. Demikian Marca melaporkan, Kamis (9/6/2022).

Namun cerita match fixing di Liga Afrika tak hanya selesai disitu. Laga Shivulani Dangerous Tigers melawan Kotot Happy Boys juga berakhir aneh, meski tak separah Matiyasi vs Nsami.

Shivulani Dangerous yang berada di peringkat ke-2 atau satu tingkat di atas Matiyasi, tak mau disalip demi tiket promosi ke divisi dua. Shivulani menang dengan skor telak 33-1 atas Kotot Happy Boys. Tujuh gol diantaranya, di cetak lewat skema bunuh diri.

Baca juga
Omicron, Nama Varian COVID-19 Afrika Selatan

Sama seperti Matiyasi dan Nsami, PSSI-nya Afrika tak susah-susah untuk melakukan investigasi. Shivulani dan Kotot Happy juga mendapat larangan berlaga seumur hidup.

Tinggalkan Komentar