Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Sepak Terjang Bea Cukai Tangerang Berantas Rokok Ilegal

Jumat, 17 Sep 2021 - 22:10 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Sepak Terjang Bea Cukai Tangerang Berantas Rokok Ilegal - inilah.com
Bea Cukai Tangerang Berantas Rokok Ilegal

Hari demi hari, Bea Cukai Tangerang terus menggelorakan semangat pengawasan cukai, khususnya di wilayah Tangerang Raya yang masih menjadi lokasi strategis bagi peredaran rokok ilegal. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo, pada Jumat (17/9/2021).

“Saat ini Bea Cukai tengah menggalakkan program gempur rokok ilegal sebagi upaya yang dilakukan secara terstruktur dan masif untuk memberantas peredaran rokok ilegal, ciri-cirinya rokok yang tidak dilekati pita cukai, rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai yang berbeda, dan rokok dengan pita cukai bekas,” kata Guntur.

Disebutkan Guntur, melalui kerja sama yang apik, tim pengawasan Bea Cukai Tangerang berhasil menggagalkan dua peredaran rokok ilegal di wilayah Tangerang Raya.”Ada dua kasus peredaran rokok ilegal yang tidak dilekati pita cukai yang terjadi sekitar bulan Maret 2021. Bea Cukai Tangerang berhasil menyelamatkan sebanyak 218.720 batang rokok ilegal berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai milik tersangka AF dan sebanyak 108.000 batang rokok ilegal berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai milik tersangka HBM yang senilai Rp274.200.000,00. Atas pelanggaran tersebut, potensi kerugian negara mencapai Rp201.854.150,00,” rincinya.

Baca juga
Bea Cukai Fasilitasi Perusahaan ini Jadi Gudang Berikat Pertama di Cirebon

Sebagai tindak lanjut kasus tersebut, masih menurut Guntur, pada tanggal 7 September 2021 pihaknya menghadiri kegiatan pemusnahan barang bukti tindak pidana umum dan khusus yang dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Tangerang. Pemusnahan salah satunya meliputi barang bukti rokok ilegal berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai sebanyak 326.720 kasus tersangka AF dan HBM.

“Kami berkomitmen untuk terus menjalin sinergi dengan Kejaksaan Negeri Kota Tangerang dan aparat penegak hukum lainnya, seperti Polres Kota Tangerang, Polresta Bandara Soekarno-Hatta, dan Badan Narkotika Nasional,” tegasnya.

Ditambahkan Guntur misi optimalisasi penerimaan negara, khususnya di bidang cukai terus diupayakan sebagai instrumen fiskal dalam pengendalian barang kena cukai sesuai peraturan perundang-undangan.”Mari bersama dukung Bea Cukai dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal dengan segera melaporkan apabila menemukan indikasi peredaran rokok ilegal ke Kantor Bea Cukai terdekat atau dapat menghubungi Bravo Bea Cukai 1500 225 atau melalui linktr.ee/bravobeacukai. Bersama Bea Cukai wujudkan Indonesia bebas dari peredaran rokok ilegal!” tutupnya.

Tinggalkan Komentar