Sabtu, 25 Juni 2022
25 Dzul Qa'dah 1443

Serangan ke Sebuah Bus di Suriah Tewaskan 13 Orang

Senin, 20 Jun 2022 - 17:54 WIB
Serangan Bus Suriah
Sedikitnya 13 orang tewas dalam serangan terhadap sebuah bus di Suriah, Senin (20/6/2022) pagi waktu setempat. (foto: SANA)

Serangan terhadap sebuah bus di Suriah utara pada Senin (20/6/2022) pagi waktu setempat telah menewaskan 13 orang, kebanyakan dari mereka adalah tentara pemerintah, kata kementerian pertahanan negara itu.

Sebuah pernyataan kementerian mengatakan bahwa 11 tentara pemerintah dan dua warga sipil tewas dalam apa yang dikatakan sebagai serangan teroris terhadap bus transit sipil.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa tiga tentara lainnya terluka.

Kantor berita negara Syrian Arab News Agency (SANA) menyebut serangan itu terjadi di wilayah Jabal al-Bishri di provinsi Raqqa yang luas.

Lembaga Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah mengatakan penyerangan itu telah dilakukan oleh jaringan ISIS yang bekerja setelah mendapat perintah, yang melancarkan serangan dan kabur di daerah gurun negara itu.

Baca juga
Jadi Saksi Meringankan Munarman, Ketua Joman: Saya yang Minta

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas serangan itu.

Konflik 11 tahun Suriah telah mengakibatkan negara itu terbagi dalam berbagai zona kendali, dengan pasukan pemerintah dan pejuang sekutu menguasai sebagian besar wilayah.

Sepetak wilayah barat laut dikuasai oleh pemberontak yang didukung Turki dan lebih banyak kelompok garis keras, sementara pasukan pimpinan Kurdi dengan dukungan AS menguasai timur laut.

Salah satu penyerangan bus paling mematikan terjadi pada Desember 2020, ketika 28 orang tewas dalam serangan di jalan raya utama di Provinsi Deir al-Zor, wilayah timur Suriah.

Tinggalkan Komentar