Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Serangan Tempat Ibadah Syiah di Iran Tewaskan 15 Orang

Kamis, 27 Okt 2022 - 01:51 WIB
Serangan Syiah Iran
(ist)

Sebanyak 15 orang tewas usai serangan bersenjata terhadap sebuah tempat peribadatan umat Syiah di Kota Shiraz, Iran bagian selatan, Rabu (26/10/2022).

Sementara itu, 40 orang lainnya terluka ketika pelaku teror menyerang mausoleum Shah Cheragh di Shiraz. Mengutip AFP, dari tiga orang yang melakukan penyerangan, dua di antaranya telah diamankan.

Meski demikian, seorang pejabat setempat mengatakan bahwa hanya ada satu penyerang. “Hanya satu teroris yang terlibat dalam serangan ini,” kata kepala kehakiman Kazem Mousavi kepada televisi pemerintah.

Media setempat juga melaporkan bahwa pelaku penyerangan adalah ‘seorang teroris yang berafiliasi dengan kelompok takfiri’. Istilah takfiri di Iran dan di beberapa negara lain merujuk pada kelompok Islam Sunni radikal.

Baca juga
Kecelakaan Maut di Tol JORR Arah Bandara, Dua Orang Tewas

Mausoleum Shah Cheragh adalah rumah bagi makam Ahmad, saudara laki-laki Imam Reza, imam Syiah kedelapan, dan dianggap sebagai situs paling suci di Iran selatan.

Pada Juni lalu, Iran melakukan eksekusi hukuman gantung seorang ekstremis Sunni yang divonis telahmembunuh dua ulama Syiah dan melukai lainnya pada awal April, kata pengadilan saat itu.

Seorang warga negara Uzbekistan berusia 21 tahun melakukan serangan penikaman pada 5 April di kuil Imam Reza, salah satu tokoh paling dihormati dalam sekte Syiah Iran.

Tinggalkan Komentar